Minggu Malam, Pemulihan Layanan Satelit Telkom Sudah 98 Persen

Kompas.com - 11/09/2017, 06:30 WIB
Ilustrasi: ATM di pusat perbelanjaan Sarinah tidak berfungsi, pada Selasa (29/08) karena gangguan pada satelit Telkom 1 BBC INDONESIAIlustrasi: ATM di pusat perbelanjaan Sarinah tidak berfungsi, pada Selasa (29/08) karena gangguan pada satelit Telkom 1
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk menyatakan telah menyelesaikan pemulihan konektivitas 14.689 sites layanan pelanggan satelit Telkom 1.

Secara keseluruhan satelit ini melayani 15.019 sites. Progres tersebut adalah data per Minggu (10/9/2017) pukul 20.00.

"Sehingga, sebanyak 98 persen layanan konektivitas pelanggan telah berfungsi normal. Telkom optimis akan tuntas 100 persen pada malam ini," kata Direktur Utama Telkom Alex J Sinaga dalam konferensi pers, Minggu malam.

Menurut Alex, pemulihan layanan satelit tersebut dapat tuntas berkat dukungan berbagai pihak.

Ia menyebut, dukungan tersebut antara lain berasal dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), BRTI, Bank Indonesia (BI), Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), dan pelanggan maupun bitra bisnis.

"Secara khusus saya ingin menyampaikan apresiasi kepada 2.195 petugas yang selalu siaga dan bekerja keras selama 7 kali 24 jam," ungkap Alex.

Ia pun menyatakan, Telkom juga telah bekerja sama dan berkoordinasi dengan pihak perbankan sebagai pelanggan dan mitra bisnis. Perbankan tersebut antara lain PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Central Asia Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk.

Dari total 15.019 sites layanan pelanggan, sebanyak 11.574 adalah sites layanan anjungan tunai mandiri (ATM). Adapun 3.445 adalah layanan non-ATM.

Sekedar informasi, gangguan layanan pada ATM dan kantor cabang sejumlah bank terjadi sejak akhir Agustus 2017 lalu. Penyebabnya adalah terjadinya gangguan (anomali) pada satelit Telkom 1.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X