Jangan Lupa, Hari Ini Pembukaan Pendaftaran CPNS

Kompas.com - 11/09/2017, 08:43 WIB
Buku latihan soal tes calon pegawai negeri spil (CPNS) yang dijual di lokasi penyerahan berkas lamaran di Youth Center, Sleman, DI Yogyakarta, beberapa waktu lalu. TRIBUN JOGJA / HASAN SAKRI GHOZALIBuku latihan soal tes calon pegawai negeri spil (CPNS) yang dijual di lokasi penyerahan berkas lamaran di Youth Center, Sleman, DI Yogyakarta, beberapa waktu lalu.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendaftaran calon pegawai negeri sipil ( CPNS) gelombang kedua mulai dibuka Senin (11/9/2017). Pendaftaran CPNS ini akan berlangsung hingga dua minggu ke depan.

Sebanyak 61 kementerian/lembaga yang membuka rekrutmen CPNS baru. "Pendaftaran dibuka mulai Senin tanggal 11 September 2017 dan ditutup Senin tanggal 25 September 2017," kata Herman Suryatman, Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), dalam keterangan tertulisnya yang dikutip Kompas.com, Senin (11/9/2017).

Herman mengingatkan, ada beberapa hal yang harus diperharikan oleh para calon pelamar CPNS. Ia menyarankan, para calon pelamar untuk benar-benar mencermati persyaratan yang harus dipenuhi. Sebab, lanjut dia, persyaratan tiap instansi dan jabatan berbeda-beda. Dokumen yang perlu dipersiapkan pun jumlahnya tak sedikit.

"Pelamar sebaiknya bisa menyiapkan dokumen-dokumen tersebut sebelum tanggal pendaftaran," ujar Herman.

Untuk proses pendaftaran, akan dilakukan secara online melalui situs Badan Kepegawaian Negara (BKN) yakni sscn.bkn.go.id.

Pendaftar harus memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor KK, dan NIK Kepala Keluarga.

Herman menjelaskan, banyak pelamar bermasalah ketika mengisi NIK dan nomor KK. Oleh karena itu, ia meminta pelamar untuk mengkomunikasikan hal ini dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat, jika NIK mereka bermasalah.

Selain itu, ia juga mengingatkan pelamar hanya dapat mendaftar dan memilih satu jabatan di satu instansi. Ia berharap, pelamar CPNS benar-benar teliti dalam memilih jabatan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan dan keinginan.

"Jangan sampai salah memilih! Karena pelamar tidak dapat mengubah pilihannya jika sudah mendaftar," kata Herman.

Sedangkan bagi pelamar yang sudah mendaftar pada penerimaan putaran pertama (Kementerian Hukum dan HAM dan Mahkamah Agung) diperbolehkan mendaftar CPNS kembali di gelombang kedua dengan menggunakan account SSCN yang telah dibuat sebelumnya.

Hanya saja, ketentuan ini tidak berlaku bagi pelamar yang sudah dinyatakan lulus pada penerimaan gelombang pertama. Sebanyak 17.428 formasi CPNS Kementerian/Lembaga dibuka pada gelombang dua ini.

Sebanyak 1.850 di antaranya merupakan untuk lulusan terbaik alias cumlaude, 166 penyandang disabilitas, 196 putra/putri Papua dan Papua Barat.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X