Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmikan Tol Jombang-Mojokerto Milik Astra, Ini Pesan Jokowi

Kompas.com - 11/09/2017, 09:07 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meresmikan ruas tol Jombang-Mojokerto pada Minggu (10/9/2017).

Dalam sambutannya, Jokowi menyebut pembangunan infrastruktur, seperti jalan tol, merupakan hal fundamental yang dilakukan sebuah negara untuk dapat bersaing dengan negara lainnya.

"Kalau tidak segera dibangun, biaya menjadi mahal dan kita kalah bersaing dengan negara lain," kata Jokowi, dalam keterangan tertulis yang diterima wartawan, Minggu.

Jalan tol ini akan dikelola oleh PT Marga Harjaya Infrastruktur (ASTRA Infra Toll Road Jombang-Mojokerto). Jokowi mengatakan, keterlibatan PT Marga Harjaya Infrastruktur sebagai bukti swasta berperan dalam pembangunan infrastruktur.

Tol Jombang-Mojokerto ini menghubungkan bagian barat Kabupaten Jombang dengan bagian utara Kabupaten Mojokerto (Desa Penompo). Jalan tol sepanjang 40,5 kilometer ini dapat beroperasi penuh setelah pembangunan seksi 2, 3, dan 4 tol ini rampung pada Agustus 2017.

Dalam peresmian tersebut, Presiden didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Direktur Astra International Paulus Bambang Widjanarko, dan Presiden Direktur PT Astatel Nusantara Irawan Santoso.

Presiden Direktur PT MHI Wiwiek D Santoso berterima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung penyelesaian pembangunan tol Jombang-Mojokerto. Dia berharap, operasional ruas tol Jombang-Mojokerto dapat memicu pertumbuhan perekonomian masyarakat setempat.

"Sebagai bagian tol Trans Jawa, ruas jalan tol ini diharapkan dapat menjadi jalur alternatif untuk mengurai kepadatan lalu lintas di beberapa titik seperti di bypass Mojokerto (simpang empat Mertex hingga simpang lima Kenanten) dan pertigaan Mengkreng. Di sana merupakan tempat pertemuan jalur dari 3 wilayah (Nganjuk, Kediri dan Jombang)," kata Wiwiek.

Beroperasi Bertahap

Pengoperasian ruas jalan tol Jombang – Mojokerto dilakukan secara bertahap. Seksi 1 sepanjang 14,7 kilometer beroperasi pada Oktober 2014, menyusul seksi 3 sepanjang 5 kilometer yang beroperasi pada November 2016.

Seksi 2 sepanjang 19,9 kilometer dan seksi 4 sepanjang 0,9 kilometer beroperasi pada bulan September 2017. Secara keseluruhan, ruas tol Jombang-Mojokerto memiliki 4 gerbang tol. Yakni gerbang tol Jombang (di Desa Pesantren), gerbang tol Bandar (di Desa Kayen), gerbang tol Mojokerto Barat (di Desa Pagerluyung) dan gerbang tol Mojokerto (di Desa Penompo).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com