Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

E-Commerce Transaksi Digital Ini Siap Melantai di Bursa Saham

Kompas.com - 11/09/2017, 16:24 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Penilaian Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI) Samsul Hidayat mengungkapkan, saat ini ada satu e-commerce tengah bersiap melakukan penawaran saham perdana Initial Public Offering (IPO) pada tahun 2017.

Adapun e-commerce tersebut adalah PT M Cash Integrasi (MCash) yang merupakan salah satu anak usaha PT Kresna Graha Investama Tbk yang bergerak dibidang transaksi digital mulai dari pulsa, tiket konser, token listrik, hingga pembayaran tagihan.

Samsul menjelaskan, dalam melakukan IPO tersebut, saat ini belum ada aturan khusus mengenai mekanisme ataupun regulasi khusus terkait perusahaan e-commerce atau start up untuk melakukan IPO.

"Belum ada aturan khusus yang diberikan kepada mereka," ujarnya di Gedung BEI, Jakarta, Senin (11/9/2017).

(Baca: Tony Fernandes Pastikan AirAsia Indonesia IPO Tahun Ini)

 

Menurutnya, dengan mengikuti aturan yang ada, maka perusahaan tersebut dimasukkan kepada sektor ritel karena berdasarkan jenis usaha yang dijalankan sebagai penyedia sarana transaksi ritel kedalam wadah digital.

"Karena usaha mereka hanya penyediaan sarana untuk transaksi ritel. Ada yang jual barang, pulsa segala macam. Mereka tidak masuk sektor teknologi karena menentukan bidang usaha saat ini dari mana pendapatan terbesarnya. Nah pendapatan terbesar mereka dari ritel," paparnya.

Samsul menejelaskan, saat ini MCash tengah menyelesaikan beberapa tahapan proses terkait penawaran saham pertama di bursa saham.

"Mereka perjanjiannya dengan bursa sudah selesai, artinya sudah 40 persen persiapannya, tinggal diproses dan review dari OJK," kata Samsul. 

Kompas TV Investor dari AS mulai menarik dana di luar negeri menyusul ketegangan di Semenanjung Korea

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com