Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berita Foto: Seminar Forum Asia Bahas Kerjasama Indonesia-Jepang Digelar di Tokyo

Kompas.com - 11/09/2017, 21:02 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Sejumlah pengusaha dan diplomat asal Indonesia dan Jepang menghadiri acara seminar Forum Asia yang digelar di Tokyo, Jepang, Senin (11/9/2017). Acara ini diselenggarakan oleh sebuah koran ternama di Jepang yaitu Mainichi Shimbun.

CEO Kompas-Gramedia Lilik Oetama turut menghadiri acara tersebut. Forum Asia digelar untuk membahas tentang hubungan dan kerja sama Jepang dengan negara-negara Asia, salah satunya kerja sama Jepang dengan Indonesia yang sudah berlangsung begitu lama.

Selain terkait kerjasama bisnis dan ekonomi, forum tersebut juga menjadi ajang untuk meningkatkan persahabatan antara Indonesia dan Jepang. Tahun 2018 nanti, usia persahabatan Indonesia-Jepang memasuki 60 tahun. 

Tampak dalam foto, CEO Kompas-Gramedia Lilik Oetama (tengah) bersama Mantan Dubes Jepang untuk Indonesia Tanizaki Yasuaki (kini Direktur Kerja Sama Jepang-Taiwan) dan Dubes Indonesia untuk Jepang Arifin Tasrif (kanan), saat  penutupan seminar Forum Asia.

Mainichi Shimbun adalah surat kabar tertua di Jepang. Dikutip dari Wikipedia, harian ini berawal dari Tokyo Nichinichi Shimbun yang diterbitkan pertama kali oleh Nippo-sha pada tahun 1872.

Pada tahun 1875, Tokyo Nichi Nichi Shimbun menjadi surat kabar pertama di Jepang yang diantar langsung ke rumah pelanggan. Harian ini terbit dua kali sehari, edisi pagi dan sore. Edisi pagi kini beroplah sekitar 4 juta eksemplar.

Di Indonesia, harian Kompas dan Mainichi Shimbun sendiri sudah sering bekerja sama sejak lama. Salah satu kegiatan hasil kerjasama itu adalah penyelenggaraan lomba lari estafet Jakarta Kizuna Ekiden, yang sudah digelar rutin tiap tahun sejak 2014.   (*).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com