Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Generasi Millenial Diprediksi Minati Daftar CPNS Bekraf

Kompas.com - 11/09/2017, 22:40 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf memperkirakan akan banyak generasi millenials alias anak-anak muda yang berminat mendaftar sebagai calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lembaganya. 

"Bidang ini termasuk bidang baru, akan banyak millenials yang akan bertanya lebih lanjut dan mendaftar (jadi CPNS Bekraf)," kata Triawan, saat menggelar konferensi pers di Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Senin (11/9/2017).

Pendaftaran CPNS Bekraf secara online dimulai hari ini hingga 25 September mendatang. Hanya, saat pelaksanaan konferensi pers belum diketahui data atau jumlah pelamar yang mendaftar seleksi CPNS Bekraf.

Laman situs rekrutmen Bekraf sudah dikunjungi 128.000 kali. Triawan menyebut, persyaratan IPK yang ditetapkan untuk melamar sebagai CPNS Bekraf tidak setinggi ketentuan kementerian/lembaga lainnya, yakni mininal 2,85.

Triawan meyakini, akan mendapatkan CPNS Bekraf yang memiliki passion ekonomi kreatif, kecerdasan interpersonal skill, bisa bekerja sama dalam sebuah tim. Selain itu, lanjut dia, selama ini lulusan S1-S3 banyak yang berminat berkiprah di bidang ekonomi kreatif. "Bidang ekonomi kreatif ini bagian keseharian kita," kata Triawan.

Sekretaris Utama Bekraf Mesdin Cornelius Simarmata menjelaskan, pihaknya berharap pelamar CPNS Bekraf benar-benar orang yang memiliki passion ekonomi kreatif. Bekraf membuka sebanyak 93 lowongan CPNS.

"Pekerjaan di sini banyak, sifatnya enggak bisa kami gariskan secara jelas dari hari ke hari, melayani pelaku ekonomi kreatif. Kalau enggak ada passion ekonomi kreatif, ya enggak bisa, bisa menyulitkan dirinya dan menyulitkan Bekraf," kata Mesdin.

Nantinya CPNS yang lolos seleksi akan ditempatkan di deputi-deputi yang membutuhkan pegawai baru. Mesdin mencontohkan, Deputi Riset dan Edukasi bertugas memberi training kepada pelaku ekonomi kreatif.

Dari 93 formasi tersebut, rinciannya umum 80 orang, cumlaude atau lulusan terbaik sebanyak 10 orang, penyandang disabilitas 2 orang, serta putra putri Papua dan Papua Barat sebanyak 1 orang.

Formulasi penggajiannya, lulusan D3 yang lolos seleksi CPNS akan langsung otomatis diangkat menjadi golongan 2B. Sedangkan lulusan S1 yang lolos seleksi CPNS akan diangkat menjadi golongan 3A. Bekraf, lanjut dia, mengikuti aturan pemberian gaji yang telah ditetapkan pemerintah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com