Kompas.com - 12/09/2017, 20:50 WIB
|
EditorMuhammad Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pertanian (Kementan) melepas 6.058 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) ke seluruh pelosok tanah air.

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menegaskan, seluruh PPL harus hadir membantu petani dalam berproduksi guna mendukung program swasembada pangan pemerintah.

"Kami harapkan seluruh PPL agar bekerja dengan baik, seperti harapan Bapak Presiden. Kami harapkan mereka dapat produktif meningkatkan produksi, baik dalam mengendalikan hama atau memenuhi kebutuhan air di musim seperti ini (kering)," kata Amran di Jakarta, Selasa (11/9/2017).

Amran menegaskan, pihaknya akan terus memantau kinerja para PPL di lapangan secara periodik melalui sistem pengawasan kinerja Kementerian Pertanian. (Baca: Mentan Minta Penyuluh Pertanian Melek Teknologi dan Media Sosial)

"Kami awasi karena sekarang bisa online mengawasi PPL seluruh Indonesia, tapi kami yakin dengan diangkatnya PPL menjadi semangat baru, pasti kami yakin produksi akan semakin meningkat," terangnya.

Menurutnya, sebagai petugas penyuluhan pertanian, peran PPL di lapangan sangat dibutuhkan "PPL adalah pasukan terdepan Kementerian Pertanian, dia penentu produksi, dia menentukan bagaimana kondisi di lapangan, bagaimana pendampingan dan mereka sudah berpengalaman," jelas Amran.

Adapun pengangkatan Tenaga Harian Lepas (THL) penyuluh pertanian lapangan sebagai CPNS merupakan cara pemerintah meningkatkan jumlah PPL di Indonesia. Berdasarkan data Kementan saat ini ada 72.000 desa potensi produksi pertanian, namun jumlah PPL hanya tersedia 44.000 orang terdiri dari Tenaga Harian Lepas Penyluh Pertanian maupun CPNS PPL.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.