Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendirikan Startup Butuh Bekal Aspek Finansial Berikut Ini

Kompas.com - 13/09/2017, 12:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Semakin berkembangnya teknologi yang ada, membuat banyak bisnis bisnis information technology (IT) yang berkembang saat ini. Banyak masyarakat modern saat ini membuat startup sebagai usahanya.

Namun menjalankan startup, tentunya banyak hal yang harus diperhatikan. Menurut Filbert Tsai yang dikutip dalam Tech in Asia, menyatakan bahwa kinerja merupakan bagian tubuh bisnis, strategi merupakan penggerak (otak), sedangkan finansial merupakan nyawa dari bisnis yang dijalankan. 

Kebanyakan orang menganggap jika perusahaan startup lebih membutuhkan kinerja dan strategi, sehingga banyak orang yang kurang terlalu mengerti mengenai masalah finansial.

Padahal, finansial menjadi hal yang cukup penting di dalam sebuah perusahaan. Bahkan, masalah finansial bisa menjadi hal yang paling memengaruhi jalannya bisnis Anda.

Oleh sebab itu, finansial perlu dipelajari mulai dari awal pembangunan bisnis. Berikut ini beberapa aspek finansial yang harus dikuasai ketika Anda ingin menjalankan bisnis startup.

1.Paham Ramalan Finansial

Salah satu hal yang harus dikuasai dalam bidang finansial ketika Anda akan menjalankan bisnis startup adalah mengenai ramalan finansial.

Hal ini cukup penting di dalam menjalankan bisnis startup; yang mana Anda akan berasumsi mengenai bagaimana jalannya bisnis yang dijalankan berdasarkan dari berbagai kasus yang ada.

Dalam hal ini, Anda membutuhkan analisis yang tepat serta kepekaan yang mendalam mengenai perubahan yang terjadi.

Rencana-rencana yang akan dijalankan harus dievaluasi dengan sebaik mungkin dalam waktu yang berkala, apakah hal tersebut baik atau tidak untuk kondisi finansial perusahaan Anda.

Sehingga, dibutuhkan skill meramal yang tepat untuk mendapatkan cara menjalankan bisnis yang tepat. Asumsi yang dipikirkan tentu harus diimbangi dengan pendapatan, pengeluaran, saldo, serta pasar dalam masyarakat.

2.Membuat Rencana Bisnis

Dalam setiap bisnis yang dijalankan, tentunya Anda membutuhkan rencana bisnis yang tepat, termasuk dalam perusahaan startup. Rencana bisnis yang matang tentu saja akan membuat kondisi finansial perusahaan menjadi lebih terjaga dan teratur.

Oleh karena iitu, sangat penting, membuat rencana bisnis yang matang dan tepat, sebelum memulai membangun startup.

Jika Anda masih ragu dan kurang yakin mengenai rencana bisnis, lebih baik menyewa jasa konsultan bisnis, bila memiliki uang lebih.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com