Semester I 2017 Belanja Iklan E-Commerce Naik, Rokok Turun

Kompas.com - 14/09/2017, 08:58 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Nielsen Indonesia merilis belanja iklan televisi (tv) dan media cetak sepanjang Januari-Juli 2017. Berdasarkan temuan Nielsen Advertising Information Services, belanja iklan masih menunjukkan trend peningkatan.

"Belanja iklan di TV dan media cetak sepanjang Januari-Juli 2017 mencapai Rp 82,1 triliun," kata Hellen Katherina, Executive Director Media Business Nielsen Indonesia, saat menyelenggarakan konferensi pers, di Mayapada Tower, Jakarta, Rabu (13/9/2017).

Angka ini menunjukkan peningkatan jika dibandingkan periode yang sama di tahun 2016. Pertumbuhan belanja iklan sebesar 6 persen ini lebih dipengaruhi oleh kenaikan tarif.

Dari sisi konsumen, penghematan dilakukan di berbagai sektor pengeluaran karena adanya pengaruh kenaikan harga produk konsumen cepat habis atau fast moving consumer goods (FMCG) yang melebihi kenaikan inflasi.

(Baca: Nielsen Perkirakan Belanja Iklan di Media pada 2017 Akan Tetap Tumbuh)

Hal ini terlihat dari penurunan volume penjualan di hampir semua sektor FMCG seperti makanan, minuman, perawatan pribadi, dan obat-obatan.

Meski demikian, nilai belanja iklan untuk sebagian besar sektor tersebut masih mengalami pertumbuhan, kecuali rokok.

Rokok menunjukkan penurunan volume sebesar 2,3 persen dibandingkan dengan periode sebelumnya.

Belanja Iklan E-Commerce dan Telekomunikasi Menggeliat

Pada kesempatan itu, Hellen juga memaparkan lima besar kategori produk yang mendorong pertumbuhan selama semester I 2017.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.