Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luhut: 2019, Indonesia Swasembada Garam

Kompas.com - 14/09/2017, 09:12 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan optimis swasembada garam dapat terwujud tahun 2019.

Dia meminta pembebasan lahan untuk pembangunan ladang garam dapat selesai tahun ini.

"Jangan ada yang pesimis, harus optimis. Yang membuat keputusan kan kita saja, kok bisa pesimis," kata Luhut, saat menyelenggarakan afternoon tea bersama wartawan, di Gedung BPPT, Jakarta Pusat, Rabu (13/9/2017).

Dia juga telah berkoordinasi dengan Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil untuk menyelesaikan masalah pembebasan lahan.

(Baca: Pemerintah Siap Buka Ribuan Hektar Ladang Garam di NTT dan Sulawesi)

 

Rencananya, akan ada beberapa ladang garam baru yang akan dibangun di Nusa Tenggara Timur dan Sulawesi. Dengan demikian, dia meyakini dalam dua tahun ke depan, Indonesia tak perlu impor garam.

"Kita pesimis karena bekerja sendiri-sendiri, kalau bekerja teamwork itu akan optimis. Karena yang mengatur kita, tanah kita, uang kita. Sakit jiwa kau kalau tidak beres," kata Luhut.

Selain itu, ia menjelaskan, garam terdiri dari dua jenis, yaknu garam konsumsi dan garam industri.

Indonesia, kata dia, kelebihan garam konsumsi. Luhut juga mengatakan bahwa sebenarnya pengelolaan garam konsumsi di Indonesia tidak efisien.

Pemerintah nantinya akan membuat koperasi dan menyiapkan air untuk pengelolaan ladang garam konsumsi tersebut.

"Saya sudah lapor bertahap ke Presiden bahwa ini akan dilakukan. Kami lihat ini (berpotensi pembangunan ladang garam konsumsi) di Madura, NTT, Rentepao, Jeneponto," kata Luhut.

Kompas TV Kelangkaan Garam Terjadi di Berbagai Daerah di Indonesia

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com