Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerja Bareng Menteri Susi, Apa Syaratnya?

Kompas.com - 14/09/2017, 17:51 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) membuka 329 lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun ini. Rencananya 329 CPNS itu akan ditempatkan pada sekitar 30 posisi.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan, salah satu syarat untuk bisa menjadi pegawai KKP adalah harus memiliki rekomendasi universitas sebagai 5 lulusan terbaik dari setiap jurusan.

"Kami ingin mencari dan menjaring lulusan terbaik," ujar Susi di Kantor KKP, Jakarta, Kamis (14/9/2017).

Syarat rekomendasi sebagai 5 lulusan terbaik dari universitas itu sekaligus mengklarifikasi syarat awal yang diumumkan yaitu predikat lulusan terbaik (cum laude).

Susi mengaku banyak mendapatkan pertanyaan masyarakat seputar syarat cum laude yang ditetapkan dalam seleksi CPNS KKP.

KKP tutur Susi, menyadari bahwa tidak semua universitas memberikan predikat cum laude. Oleh karena itu, KKP memberikan penjelasan terkait syarat cum laude yang dimaksud yaitu 5 lulusan terbaik dari setiap jurusan atau fakultas.

Nantinya KKP akan menyeleksi para lulusan terbaik dari setiap jurusan dari semua universitas di Indonesia dan hanya memilih 322 CPNS.

Susi mengatakan bahwa KKP tidak akan memproses pelamar yang tidak memiliki rekomendasi universitas sebagai 5 lulusan terbaik.

Sementara itu 4 posisi diperuntukkan kepada penyandang disabilitas, dan 3 orang untuk putra atau putri Papua dan Papua Barat.

Pendaftaran CPNS KKP dimulai pada 11 hingga 25 September mendatang melalui laman sscn.bkn.go.id. Informasi pendaftaran dan ketentuan lainnya mengenai penerimaan CPNS KKP, dapat diakses melalui http://ropeg.kkp.go.id/.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com