Kirim Kontainer ke Jakarta Via Pelabuhan Malayahati Lebih Cepat dan Hemat

Kompas.com - 15/09/2017, 09:45 WIB
Pekerja menurunkan mobil sport eks Eropa saat tiba di Pelabuhan Malahayati Krueng Raya Aceh Besar 31 Maret 2014 Sebanyak 30 unit mobil bekas 2 500 CC seperti Porsche BMW Mercedes Benz dijual dengan harga Rp 150 juta hingga Rp 350 juta. SERAMBI INDONESIA / BUDI FATRIAPekerja menurunkan mobil sport eks Eropa saat tiba di Pelabuhan Malahayati Krueng Raya Aceh Besar 31 Maret 2014 Sebanyak 30 unit mobil bekas 2 500 CC seperti Porsche BMW Mercedes Benz dijual dengan harga Rp 150 juta hingga Rp 350 juta.
|
EditorAprillia Ika

MEDAN, KOMPAS.com - Sejak Agustus 2016, PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 Cabang Malahayati, Banda Aceh, sudah berkomitmen untuk menurunkan biaya logistik nasional. Caranya dengan melaksanakan pelayanan petikemas sementara mulai Januari 2017.

Untuk menunjang semua ini, Pelindo 1 Cabang Malahayati telah menyiapkan segala fasilitas dan peralatan kegiatan bongkar muat di terminal petikemasnya.

Pelabuhan Malahayati ini memiliki dermaga sepanjang 384 meter, dapat menampung tiga kapal ukuran 100 meter dengan muatan 300 TEUS petikemas sekaligus.

Fasilitas bongkar muat petikemas, sudah tersedia Harbour Mobile Crane (HMC), forklift, reach staker dan truk pengangkut petikemas.

(Baca: Ada Tol Laut, Harga Semen dan Barang Kebutuhan Pokok di Rote Turun)

 

Pelabuhan Malahayati juga sudah didukung kedalaman alur 9,5 meter dengan dermaga yang mendukung.

"Pelayaran terjadwal, ketersediaan alat bongkar muat, lapangan penumpukan petikemas dan transportasi jalan yang mendukung. Semua ini mampu mendukung masuknya kapal-kapal kontainer ke Pelabuhan Malahayati,” kata Rudi Susanto, General Manager Pelindo 1 Cabang Malahayati di Medan, Kamis (14/9/2017).

“Seluruh persiapan ini kami lakukan untuk mendukung upaya pemerintah dalam menurunkan biaya logistik nasional,” tambahnya.

Dia mencontohkan, biaya logistik untuk angkutan darat menggunakan truk dari Jakarta ke Aceh via Merak Bakauheni dibandrol Rp 17,5 juta dengan lama waktu tempuh lima hari.

Untuk pelayaran dari Jakarta ke Belawan dan selanjutnya dari Belawan ke Banda Aceh melalui jalur darat dengan menggunakan truk selama lima, hanya dikenakan biaya angkut sebesar Rp 13,5 juta.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.