Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Stasiun Belum Siap, Pengoperasian KRL ke Cikarang Ditunda

Kompas.com - 16/09/2017, 10:55 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menunda pengoperasian Kereta Rel Listrik (KRL) sampai Cikarang. Seharusnya, KRL hingga Cikarang beroperasi pada 17 September 2017.

Kabag Humas Direktorat Jenderal Perkeretaapian, Joice Hutajulu mengatakan, keputusan ditundanya operasional KRL sampai Cikarang berdasarkan uji coba dan tinjauan Ditjen Perkeretaapian pada 14 September 2017.

Dalam tinjauan tersebut, terdapat dua stasiun yang dinyatakan belum siap untuk operasional KRL. 

"Berdasarkan uji coba dan peninjauan seluruh fasilitas stasiun-stasiun yang akan dilintasi oleh KRL lintas Bekasi-Cikarang ini, diperoleh hasil bahwa stasiun Tambun dan stasiun Cikarang memang belum siap sepenuhnya untuk dioperasikan, dengan mempertimbangkan aspek keselamatan dan pelayanan," ujar Joice dalam keterangannya, Sabtu (16/9/2017). 

Joice menuturkan, belum adanya fasilitas penunjang seperti CCTV, safety line, papan informasi serta pengaturan dan pemisahan alur keluar masuk penumpang, menjadi alasan belum siapnya dua stasiun tersebut.

"Selain itu, sterilisasi stasiun juga menjadi salah satu pertimbangan diundurnya pengoperasian lintas Bekasi – Cikarang, karena dua stasiun tersebut memang belum sepenuhya dimodernisasi," tambah dia.

Menurut Joice, pengoperasian KRL ditunda hingga awal Oktober 2017. Hingga saat ini pembangunan fasilitas operasi untuk Listrik Aliran Atas (LAA) lintas Bekasi-Cikarang telah selesai.

"Dengan melihat besarnya harapan masyarakat, Ditjen Perkeretaapian bersama dengan pihak terkait berusaha keras mempersingkat waktu penyelesaian penyempurnaan kelengkapan fasilitas pendukung untuk pengoperasian KRL lintas Bekasi – Cikarang," pungkas dia.

Sebelumnya juga, Direktorat Jendral Perkeretaapian Kementerian Perhubungan bersama PT KAI Commuter Jakarta (KCJ) telah melakukan uji coba jalur KRL Bekasi-Cikarang pada 28 Juli 2017. Diperkirakan untuk waktu tempuh Cikarang-Jakarta Kota selama 90 menit. Nantinya tarif yang akan dikenakan kepada penumpang KRL Jakarta Kota-Cikarang sebesar Rp 5.000.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com