Pedagang Mangga Dua Mall Keluhkan Sepinya Pengunjung

Kompas.com - 16/09/2017, 16:22 WIB
???Susana Mangga Dua Mall, Sawah Besar, Jakarta Pusat Kompas.com/Yoga Sukmana???Susana Mangga Dua Mall, Sawah Besar, Jakarta Pusat
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Tutupnya dua gerai milik PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) di Pasaraya Manggarai dan Pasaraya Blok M seperti mengkonfirmasi mulai sepinya pengunjung pusat perbelanjaan di Jakarta.

Seperti yang terjadi di Mangga Dua Mall, Sawah Besar, Jakarta Pusat. Para pedagang pun mengeluhkan sepinya para pengunjung tersebut. "Ya begitu memang lagi sepi," ujar Rudy, salah satu pedagang elektronik di Mangga Dua Mall, Jakarta, Sabtu (16/9/2017).

Rudi sudah 4 tahun berdagang barang elektronik mulai dari speaker, DVD, playstation, voice recorder, hingga headset . Dia mengatakan, sepinya pengunjung terjadi sejak 3-4 bulan terakhir. 

Baca juga: Matahari Pasaraya Blok M Akan Tutup, Para Pemburu Diskon Pun Datang

Kondisi sepi pengunjung Mangga Dua Mall juga dirasakan oleh pedagang lainnya yaitu Parman. Dia adalah pedagang alat musik di lantai santai mall yang dulu jadi salah satu "surga" elektronik di Jakarta Pusat.

Rudy dan Parman mengaku tidak begitu tahu penyebab sepinya pengunjung Mangga Dua Mall. Namun keduanya tak memungkiri kemungkinan hal itu disebabkan oleh maraknya penjualan online elektronik.

Dari pengamatan Kompas.com, sejumlah toko di Mangga Dua Mall juga ada yang sudah tutup meski jumlahnya tak banyak. Namun belum bisa dipastikan apakah toko-toko yang tutup itu akibat sepinya pengunjung sehingga berdampak kepada omzet bisnis atau tidak.

Dari segi harga, Ria Aprianty, salah seorang pengunjung menilai bahwa harga barang-barang di Mangga Dua Mall cukup bisa bersaing. Dia yang baru saja membeli asesoris HP mendapatkan cover atau case HP dengan harga Rp 60.000. Padahal tuturnya, harga di penjualan online bisa mencapai Rp 80.000.

Kompas TV Ratusan Ikan Louhan Ikut Kontes

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X