Catat, Ini Busana yang "Haram" Dikenakan Saat Wawancara Kerja

Kompas.com - 19/09/2017, 06:15 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

LONDON, KOMPAS.com - Sebelum menjalani wawancara kerja dengan pihak perusahaan, penting untuk mempersiapkan diri dengan baik. Lakukan riset terlebih dahulu mengenai perusahaan dan posisi yang Anda lamar.

Namun, bukan hanya itu persiapan yang harus Anda lakukan. Busana yang Anda kenakan saat wawancara kerja ternyata juga menentukan keberhasilan Anda memperoleh pekerjaan tersebut.

Mengutip Daily Mail, Selasa (19/9/2017), Victoria McLean, pendiri perusahaan konsultan karier City CV, memberikan beberapa kiat mengenai busana yang harus dan tidak boleh dikenakan pada saat wawancara kerja.

"Pewawancara akan langsung menilai Anda berdasarkan (busana) yang Anda kenakan," ujar McLean.

Terkait berbusana, saat wawancara, ada tiga hal penting yang harus diperhatikan, yakni busana tersebut harus rapi, profesional, dan tepat.

Berikut ini ada beberapa kiat mengenai busana yang harus dan tidak boleh dikenakan saat wawancara kerja.

1. Hindari menunjukkan label desainer

McLean menyatakan, meski Anda melamar kerja di bidang mode, lebih baik tidak usah mengenakan busana atau aksesoris yang terlihat jelas rancangan desainer tertentu. Misalnya, jangan menggunakan tas Hermes, Louis Vuitton, busana rancangan Stella McCartney atau Ralph Lauren.

2. Hindari pakai warna coklat, merah dan oranye

Menurut McLean, warna memiliki dampak psikologis yang besar terhadap seseorang. Ini pun bisa memberikan dampak yang serupa ketika Anda wawancara kerja.

Halaman:
Sumber Daily Mail


Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.