Kompas.com - 19/09/2017, 16:41 WIB
|
EditorMuhammad Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam waktu dekat, Bank Indonesia (BI) akan menerbitkan aturan terkait biaya isi ulang (top up) uang elektronik.

Gubernur BI Agus DW Martowardojo mengungkapkan, aturan tersebut dirilis agar biaya yang dikenakan dapat seragam.

Menurut Agus, pihaknya saat ini masih melakukan finalisasi aturan. Aturan tersebut bakal segera disosialisasikan setelah diterbitkan, sehingga tidak menimbulkan kegaduhan.

"Nanti akan dikeluarkan aturan tentang e-money (uang elektronik)," kata Agus di sela-sela acara Indonesia Banking Expo (IBEX) 2017 di Jakarta Convention Center (JCC), Selasa (19/9/2017).

Terkait top up, imbuh Agus, ada fasilitas off-us dan on-us. Fasilitas off-us adalah isi ulang uang elektronik melalui fasilitas bank lain, sementara fasilitas on-us adalah isi ulang uang elektronik melalui jaringan bank penerbit.

"Top up yang dilakukan di bank lain sangat beragam, beragam itu tentu perlu penyelarasan. Yang paling utama BI perhatikan adalah perlindungan konsumen, serta meyakinkan sistem itu tidak menciptakan rente ekonomi," ungkap Agus.

Saat ini fasilitas top up melalui fasilitas lain dikenakan biaya antara Rp 2.000 hingga Rp 3.000. Oleh karena itu, bank sentral selaku otoritas sistem pembayaran membuat aturan agar biaya yang dikenakan tidak membebani masyarakat.

"Nanti kalau BI keluarkan aturan tentang top up, yang kami beri perhatian e-money yang off us, yang antar bank. Sekarang Anda mau top up e-money di convenience store kena Rp 3.500, nanti kami atur maksimum tertentu," terang Agus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.