Bagi Perbankan, Digitalisasi Adalah Keharusan

Kompas.com - 19/09/2017, 17:33 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Dengan adanya perkembangan teknologi, maka industri perbankan juga harus siap dengan era digitalisasi. Karenanya, perbankan harus bisa meningkatkan investasi terkait teknologi informasi (TI).

Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk Jahja Setiaatmadja menyatakan, perbankan nasional kini sedang menghadapi tantangan struktural. Ini sejalan dengan kebutuhan digitalisasi perbankan guna menghadapi era digital.

"Bagaimana bank secara organisasi menghadapi masalah struktural ini, sehingga bank mampu mengambil keputusan dalam menghadapi era digitalisasi," ujar Jahja di sela-sela acara Indonesia Banking Expo (IBEX) di Jakarta, Selasa (19/9/2017).

Menurut Jahja, digitalisasi saat ini harus diikuti oleh perbankan. Kondisi ini juga akhirnya dapat mendorong efisiensi dan kemudahan, baik bagi bank maupun nasabah.

(Baca: Digitalisasi Ekonomi Bisa Sumbang 10 Persen ke Perekonomian Indonesia)

Untuk menjawab tantangan ini pun perbankan juga berlomba-lomba untuk menerapkan layanan digital. Intinya, kata Jahja, digitalisasi merupakan sebuah keharusan bagi perbankan saat ini.

"Digitalisasi bukan pilihan, melainkan keharusan bagi bank. Semua harus terhubung dengan digital channel, konsumen juga mencari kemudahan dalam transaksi," ungkap Jahja.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Perhimpunan Bank-bank Nasional (Perbanas) Kartika Wirjoatmodjo menjelaskan, transformasi digital bukan pilihan bagi bank, namun sebuah keniscayaan.

Dengan demikian, bank juga harus mampu mengikuti perkembangan zaman.

"Bank harus bisa berubah peran ibarat perusahaan IT tapi dengan izin perbankan," jelas Kartika.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.