Kompas.com - 19/09/2017, 19:00 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com – Menjamurnya layanan keuangan berbasis teknologi atau financial technology (fintech) tak selalu dianggap pesaing tau musuh perbankan.

Direktur PT Bank Central Asia (BCA) Tbk Jahja Setiaatmadja menilai fintech justru bisa dijadikan rekan untuk kolaborasi dalam hal bisnis.

Fintech saya kira ada yang bisa dijadikan sahabat,” ujarnya dalam acara Indonesia Banking Expo (IBEX) di JCC, Jakarta, Selasa (19/9/2017).

Menurut Jahja, contoh fintech yang bisa dijadikan sahabat perbankan yaitu fintech yang memiliki penawaran produk fisik, misalnya isi ulang pulsa secara online.

(Baca: Kerja Sama dengan Fintech, Ini yang Dilakukan BCA)

Fintech seperti itu tutur dia, justru masih berpeluang membuka akun perbankan untuk menampung hasil penjualan pulsa yang dilakukan.

“Jadi yang kami gandeng adalah para penjual pulsa yang transaksinya besar. Ini harus kami pilah mana yang enemy mana yang challenger,” kata Jahja.

Sebelumnya, BCA melakukan berbagai inisiatif untuk berkolaborasi dengan fintech. Salah satu inisiatif tersebut adalah peluncuran Application Program Interface (API).

Dengan layanan ini, pelaku fintech maupun e-commerce dapat terkoneksi dengan layanan perbankan BCA.

Kompas TV Untuk membahas lebih lengkap soal sinergi bank dan Fintech, sudah hadir product and customer experience BTPN WOW, Achmad Nusjirwan Sugondo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.