BPTJ Siapkan Tambahan Rute Transjabodetabek Premium ke Arah Jakarta

Kompas.com - 20/09/2017, 06:06 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan uji coba dengan menaiki bus Transjabodetabek premium rute Mega City Bekasi-Plaza Senayan, Selasa (19/9/2017). KOMPAS.COM/Anggita MuslimahMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan uji coba dengan menaiki bus Transjabodetabek premium rute Mega City Bekasi-Plaza Senayan, Selasa (19/9/2017).
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah menyiapkan rute bus Transjabodetabek premium dari pemukiman di Bekasi dan sekitarnya ke permukiman dan pusat kegiatan di Jakarta.

Saat ini, bus Transjabodetabek premium baru memiliki satu rute yakni, Mega City Bekasi ke Plaza Senayan.

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kemenhub, Bambang Prihartono mengatakan, rute untuk bus Transjabodetabek premium akan menggunakan konsep bus Jabodetabek Residence (JR) Connexion yang melayani di permukiman dari Bodetabek ke Jakarta.

"Jadi kita akan kembangkan JR Connexion yang sudah beroperasi. Misalnya Bekasi, Grand Wisata, Kemang Pratama, jadi implementasi perumahan ke perumahan dan pusat kegiatan ekonomi di Jakarta seperti, Sudirman, Thamrin, Blok M, bahkan ada Tanah Abang," ujar Bambang saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Selasa (19/9/2017).

(Baca: BPTJ Kaji Rute Transjabodetabek Tujuan Bandara Soekarno-Hatta)

Mantan Direktur Transportasi Bappenas ini menuturkan, bus Transjabodetabek premium lebih menyasar ke masyarakat kelas atas. Sehingga, pengoperasian awal bus Transjabodetabek premium tersebut menggunakan rute dari pusat perbelanjaan ke pusat perbelanjaan lainnya.

"Jadi fasilitasnya kelas menengah ke atas, sehingga kita ambil mal. Kita juga, pertimbangannya tempat parkir, di mal itu parkir luas. Bahkan, juga di mal ada fasilitas tarifnya flat, jadi enggak progresif. Itu pertimbangan," jelas dia.

Dalam hal ini, tambah Bambang, rute Transjabodetabek premium dari permukiman ke permukiman dan pusat kegiatan akan dioperasikan dalam waktu dekat ini.

"Saya kira minggu depan udah bisa dioperasikan. Ini kan Idenya Pak Menteri Perhubungan biar masyarakat tidak berpindah moda berkali-kali," pungkas dia.

Sekadar informasi, BPTJ telah menguji coba Bus transjabodetabek premium rute Mega City Bekasi ke Plaza Senayan.

Seperti bus reguler transjabodetabek rute Bekasi-Bundaran HI, bus ini juga menggunakan jalur khusus angkutan umum (JKAU).

Bus berjalan di bahu jalan tol.bus transjabodetabek premium ini berkapasitas 34 penumpang. Semua penumpang diharuskan duduk atau tidak boleh berdiri.

Adapun, beberapa fasilitas yang ditawarkan dari bus premium ini, di antaranya WiFi, kamera CCTV, dan colokan listrik.Penumpang yang ingin menggunakan transportasi umum ini akan dikenakan tarif Rp 20.000 per penumpang. 

Kompas TV Memperingati Hari Pelanggan Nasional, PT Transjakarta memberikan hiburan kepada para pelanggannya di Halte Harmoni.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X