Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng Bank Mandiri, Pertamina Optimalisasi Likuiditas Perusahaan

Kompas.com - 20/09/2017, 18:38 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, melanjutkan kerja sama optimalisasi likuiditas perusahaan, melalui program Notional Pooling yang dikelola oleh Bank Mandiri.

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Keuangan Pertamina Arief Budiman serta Direktur Wholesale Banking Bank Mandiri, Royke Tumilaar, di Kantor Pusat Pertamina, Rabu (20/9/2017).

Notional Pooling merupakan layanan cash management melalui mekanisme konsolidasi saldo Rekening Peserta Pooling yang bertujuan untuk mengoptimalisasi pengelolaan dana.

Melalui layanan ini, perusahaan dan anak perusahaan dapat mengoptimalkan likuiditas perusahaan secara konsolidasi, dalam upaya memperbaiki struktur keuangan.

Direktur Keuangan Pertamina Arief Budiman menyatakan, kerja sama ini merupakan salah satu upaya perusahaan dalam mewujudkan perbaikan struktur keuangan dan merupakan bagian dari proritas strategis perusahaan.

“Harapan kami kerja sama ini akan mendukung tujuan perusahaan menjadi World Class Treasury Center di tahun 2019,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Wholesale Banking Bank Mandiri, Royke Tumilaar mengatakam dengan layanan Notional Pooling yang didukung kesiapan teknologi, Bank Mandiri optimistis fitur layanan ini dapat memberikan solusi terbaik kepada Pertamina Group.

“Kerja sama dalam bentuk sinergi BUMN ini menjadi bukti dukungan kami kepada Pertamina sehingga dapat membantu perusahaan dalam mewujudkan continous improvement termasuk pada struktur keuangan yang merupakan hal penting di perusahaan," jelasnya.

Adapun, kerja sama kali ini merupakan tindak lanjut dari kerja sama yang telah dijalin Pertamina dan Bank Mandiri sebelumnya pada 15 Agustus 2016 melalui Perjanjian Kerja sama untuk Notional Pooling dengan peserta Pertamina dan anak perusahaan, PT Pertamina Patra Niaga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com