Pengusaha Properti Hui Ka Yan Jadi Orang Terkaya di Asia Versi Forbes

Kompas.com - 22/09/2017, 14:30 WIB
Pengusaha properti dan pemilik China Evergrande, Hui Ka Yan South China Morning PostPengusaha properti dan pemilik China Evergrande, Hui Ka Yan
EditorBambang Priyo Jatmiko

KOMPAS.com - Pemilik perusahaan properti China, Evergrande Group, Hui Ka Yan, dinobatkan menjadi orang terkaya di Asia. dengan estimasi kekayaan mencapai 42,4 miliar dollar AS.

Hui merebut gelar tersebut dari Ma Huateng, pendiri Tencent Holdings Limited yang memiliki harta senilai 39,1 miliar dollar AS.

Mengutip Kontan, Jumat (22/9/2017), posisi ketiga ditempati oleh Jack Ma, pendiri Alibaba Group, pemilik harta sebanyak 38,9 miliar dollar AS. Sedangkan Chairman Wanda Group, Wang Jianlin, menempati peringkat ke-4 se-Asia, dengan estimasi kekayaan 30,4 miliar dollar AS.

Seperti diberitakan Forbes, Kamis (21/9) peruntungan Hui datang kala harga saham China Evergrande melejit lima kali lipat menjadi 30,4 dollar Hong Kong per saham, dibandingkan posisi setahun lalu di level 5,44 dollar Hong Kong per saham.

Salah satu sentimen positif bagi lonjakan harga saham China Evergrande adalah kinerja semester I-2017 yang menawan.

Pada paruh pertama tahun ini, China Evergrande membukukan pertumbuhan pendapatan sebanyak 115 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2016, menjadi 188 miliar yuan atau setara US$ 28 miliar. Laba bersihnya melesat 832 persen menjadi 18,8 miliar yuan.

Hingga akhir Juni 2017, China Evergrande tengah mengerjakan 547 proyek.

Asal tahu saja, China Evergrande merupakan pengembang proyek yang ambisius. Semisal pada 27 Agustus lalu, perusahaan ini mengumumkan akan membangun 15 taman hiburan raksasa di seluruh China, yang pembangunannya ditargetkan selesai antara tahun 2019-2022.

Sebelumnya, perusahaan ini juga sudah membangun taman hiburan dengan anggaran 7 miliar dollar AS.

Manajemen China Evergrande menyebut, satu taman hiburan yang akan dibangunnya kelak bisa menarik minimal 15 juta pengunjung dengan kontribusi pendapatan 3 miliar dollar AS per tahun.

Masing-masing taman hiburan China Evergrande bakal menyediakan 33 wahana permainan berskala besar, jauh mengalahkan Shanghai Disney Resort yang memiliki sekitar 18-22 wahana.

Manajemen China Evergrande optimistis mampu merebut hati masyarakat China sekaligus menyaingi Disney Resort, lantaran perusahaan ini akan menampilkan karakter-karakter mitologis China di dalam wahana permainannya.

Sebut saja karakter mitologis Chang'e yang disebut sebagai dewi bulan, dan Pan Gu karakter mitologis China berwujud raksasa yang menciptakan alam semesta.

 

Berita ini diambil dari kontan.co.id dengan judul: Hui Ka Yan rebut gelar orang terkaya se-Asia

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X