Pemerintah Kejar Target Penyaluran KUR Rp 110 Trilun Hingga Akhir 2017

Kompas.com - 22/09/2017, 19:01 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah tengah mempersiapkan beberapa langkah guna mencapai target penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp 110 triliun pada 2017.

Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM, Yuana Setyowati Barnas mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan sejumlah langkah antara lain penambahan bank penyalur KUR, mengikutsertakan Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) sebagai penyalur KUR, dan Koperasi sebagai penyalur KUR.

"Selain itu, kami menyelenggarakan sosialisasi dan pendampingan KUR," ujarnya melalui keterangan resmi, Jumat (22/9/2017).

Yuana mengatakan, pihaknya juga bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk melakukan kegiatan pendampingan kepada Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk mengakses kredit melalui KUR.

“Diharapkan kegiatan pendampingan ini sasaran UKM yang dapat mengakses KUR semakin bertambah,” kata Yuana.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM realisasi penyaluran KUR sampai dengan Agustus 2017 mencapai Rp 61,14 triliun (55,6 persen) kepada 2.734.490 debitur.

Sementara itu, realisasi berdasarkan regional atau pulau di Indonesia jumlah penyaluran KUR masih relatif cukup merata di seluruh pulau besar, dengan penyaluran tertinggi di pulau Jawa, selanjutnya pulau Sumatera.

Realisasi berdasarkan bank penyalur, Bank BRI masih mendominasi penyaluran KUR dengan plafon Rp 46,81 triliun kepada 2.527.926 debitur UMKM.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.