Oktober, Bus Damri akan Beroperasi di Bandara Silangit Danau Toba

Kompas.com - 24/09/2017, 22:30 WIB
|
EditorSabrina Asril

TAPANULI UTARA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan, layanan bus Damri akan beroperasi pada Oktober 2017 mendatang. Hal ini bersamaan dengan dibukanya rute internasional di Bandara Silangit, Tapanuli Utara.

Diharapkan, pengoperasian bus Damri itu akan semakin menggairahkan pariwisata Danau Toba.

"Nanti akan disediakan bus Damri, paling tidak dari sini (Silangit) sampai ke Parapat dengan waktu tempuh sekitar dua jam," ujar Menhub Budi Karya saat peninjauan di Bandara Silangit, Tapanuli Utara, Minggu (24/9/2017).

Menhub mengatakan, selain mempersiapkan Bandara Silangit sebagai bandara internasional, fasilitas dan layanan sisi darat juga akan ditingkatkan, salah satunya layanan akses transportasi dari dan menuju Bandara Silangit.

"Kami akan tambah fungsi-fungsi layanan di luar bandara," ujarnya.

(Baca: Tahun 2017, Boeing 737-800 Bisa Mendarat di Bandara Silangit)

Selain adanya layanan bus Damri, saat ini pemerintah Kabupaten Samosir juga tengah melakukan uji coba layanan bus gratis dari Bandara Silangit menuju Pulau Samosir.

Namun demikian, Menhub belum menjelaskan lebih jauh terkait berapa frekuensi dan jadwal keberangkatan bus Damri yang akan melayani penumpang daei dan menuju Bandara Silangit.

Menurut Menhub, sektor pariwisata Danau Toba perlu dikembangkan lebih jauh, agar kunjungan turis baik domestik dan mancanegara tidak terpusat di satu wilayah saja.

"Toba itu suatu tempat yang luar biasa, satu tempat yang mungkin Danau paling terbesar di dunia, dan salah satu destinasi yang diutamakan selain ke Lombok dan Yogyakarta," ujarnya.

Halaman:


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.