Oktober, Bus Damri akan Beroperasi di Bandara Silangit Danau Toba

Kompas.com - 24/09/2017, 22:30 WIB
Ilustrasi bus Damri M. Luthfi Makki/KONTANIlustrasi bus Damri
|
EditorSabrina Asril

TAPANULI UTARA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan, layanan bus Damri akan beroperasi pada Oktober 2017 mendatang. Hal ini bersamaan dengan dibukanya rute internasional di Bandara Silangit, Tapanuli Utara.

Diharapkan, pengoperasian bus Damri itu akan semakin menggairahkan pariwisata Danau Toba.

"Nanti akan disediakan bus Damri, paling tidak dari sini (Silangit) sampai ke Parapat dengan waktu tempuh sekitar dua jam," ujar Menhub Budi Karya saat peninjauan di Bandara Silangit, Tapanuli Utara, Minggu (24/9/2017).

Menhub mengatakan, selain mempersiapkan Bandara Silangit sebagai bandara internasional, fasilitas dan layanan sisi darat juga akan ditingkatkan, salah satunya layanan akses transportasi dari dan menuju Bandara Silangit.

"Kami akan tambah fungsi-fungsi layanan di luar bandara," ujarnya.

(Baca: Tahun 2017, Boeing 737-800 Bisa Mendarat di Bandara Silangit)

Selain adanya layanan bus Damri, saat ini pemerintah Kabupaten Samosir juga tengah melakukan uji coba layanan bus gratis dari Bandara Silangit menuju Pulau Samosir.

Namun demikian, Menhub belum menjelaskan lebih jauh terkait berapa frekuensi dan jadwal keberangkatan bus Damri yang akan melayani penumpang daei dan menuju Bandara Silangit.

Menurut Menhub, sektor pariwisata Danau Toba perlu dikembangkan lebih jauh, agar kunjungan turis baik domestik dan mancanegara tidak terpusat di satu wilayah saja.

"Toba itu suatu tempat yang luar biasa, satu tempat yang mungkin Danau paling terbesar di dunia, dan salah satu destinasi yang diutamakan selain ke Lombok dan Yogyakarta," ujarnya.

(Baca: Singapura Siap Tanam Investasi di Kawasan Danau Toba)

Menhub mengharapkan ada sinergitas yang dilakukan tujuh kabupaten yang mengelilingi kawasan Danau Toba guna mendukung majunya sektor pariwisata di kawasan tersebut.

Hingga saat ini, sudah ada beberapa maskapai penerbangan yang telah melakukan penerbangan dari dan menuju Bandara Silangit yakni maskapai Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Wings Air.

Berdasarkan data dari PT Angkasa Pura II, saat ini jumlah frekuensi penumpang di Bandara Silangit sudah mencapai 20.000 orang per bulan dan 300.000 orang per tahun.

Kompas TV Ratusan Pemudik Tertahan di Terminal Purabaya

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X