Dorong Pariwisata Danau Toba, Pemerintah Daerah Diharapkan Kompak

Kompas.com - 25/09/2017, 06:30 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan Bandara Silangit Tapanuli Utara, Minggu (24/9/2017). KOMPAS.com/ PRAMDIA ARHANDO JULIANTOMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan Bandara Silangit Tapanuli Utara, Minggu (24/9/2017).
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

TAPANULI UTARA, KOMPAS.com - Pemerintah saat ini tengah gencar mempromosikan 10 destinasi wisata baru untuk, salah satunya Danau Toba di Provinsi Sumatera Utara.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, pemerintah telah memberikan akses transportasi berupa dibukanya layanan penerbangan melalui Bandara Silangit di Tapanuli Utara.

Hal ini dilakukan guna memberikan kemudahan dan kenyamanan wisatawan yang ingin menikmati kawasan Danau Toba.

Kendati demikian, Menhub mengharapkan ada sinergitas yang dilakukan oleh pemerintah daerah dalam hal ini 7 Kabupaten yang mengelilingi kawasan Danau Toba guna mendukung majunya sektor pariwisata di kawasan tersebut.

"Kami harapkan tanggal 28 Oktober 2017 (pembukaan rute internasional) kita kompak semuanya, Bupati 7 Kabupaten kompak semuanya, kalau semua kompak dan masing-masing buat acara saya pikir menarik," ujar Menhub Budi Karya saat peninjauan di Bandara Silangit, Tapanuli Utara, Minggu (24/9/2017).

Menurutnya, masing-masing pemerintah daerah bisa mempromosikan wilayahnya setelah penerbangan rute internasional resmi beroperasi di Bandara Silangit pada 28 Oktober mendatang.

Adapun 7 Kabupaten yang mengelilingi kawasan Danau Toba, diantaranya, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Toba Samosir, Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Dairi, Kabupaten Karo, dan Kabupaten Samosir.

"Toba itu suatu tempat yang luar biasa, satu tempat yang mungkin Danau paling terbesar di dunia, dan salah satu destinasi yang diutamakan selain ke Lombok dan Yogyakarta," pungkasnya.

Seperti diketahui, pemerintah telah mengembangkan 10 destinasi wisata yang menjadi prioritas, seperti Danau Toba (Sumatera Utara), Belitung (Bangka Belitung), Tanjung Lesung (Banten), Kepulauan Seribu (DKI Jakarta), Candi Borobudur (Jateng).

Kemudian, Gunung Bromo (Jatim), Mandalika Lombok (NTB), Pulau Komodo (NTT), Taman Nasional Wakatobi (Sulawesi Tenggara), dan Morotai (Maluku Utara).

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X