Mark Zuckerberg Ingin Jual 75 Juta Saham Facebook, Untuk Apa?

Kompas.com - 25/09/2017, 17:07 WIB
Mark Zuckerberg memberikan sambutan dalam upacara wisuda ke-366 Universitas Harvard pada Kamis (25/5/2017). Paul Marotta / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP Mark Zuckerberg memberikan sambutan dalam upacara wisuda ke-366 Universitas Harvard pada Kamis (25/5/2017).
|
EditorMuhammad Fajar Marta

NEW YORK, KOMPAS.com - Pendiri dan CEO raksasa jejaring sosial Facebook Inc Mark Zuckerberg berencana menjual antara 35 juta hingga 75 juta saham Facebook yang dimilikinya. Penjualan ini akan dilakukan dalam 18 bulan ke depan.

Mengutip Fortune, Senin (25/9/2017), dengan harga saham saat ini, penjualan saham Facebook milik Zuckerberg tersebut akan bernilai antara 6 miliar hingga 12,8 miliar dollar AS.

Untuk apa Zuckerberg menjual saham miliknya? Dalam unggahan pada akun Facebook pribadinya, Jumat (22/9/2017) lalu, Zuckerberg menyatakan dana hasil penjualan saham tersebut akan digunakan untuk mendanai kegiatan sosial yang dilakukannya bersama sang istri, Priscilla Chan.

Keduanya berkomitmen untuk bekerja sosial di bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, dan advokasi. Ayah dari Max dan August ini juga menyatakan bahwa penjualan saham tersebut tidak mengganggu janjinya untuk memberikan 99 persen saham Facebook miliknya dalam sepanjang hidupnya.

Facebook juga mengumumkan bakal membatalkan rencana untuk melakukan reklasifikasi saham guna memungkinkan Zuckerberg dapat tetap mengendalikan saham meskipun telah menjualnya. Zuckerberg menyatakan, dalam kurun waktu 1,5 tahun terakhir, kinerja bisnis Facebook berjalan dengan baik.

Bahkan, nilai saham Facebook juga telah tumbuh hingga sampai ke titik di mana Zuckerberg dapat secara penuh mendanai kegiatan filantropi.

"Sebagai hasilnya, saya meminta direksi untuk membatalkan proposal untuk reklasifikasi saham kami, dan direksi telah menyetujui," ungkap Zuckerberg.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.