Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Mandiri Sambut Baik Suku Bunga KUR Turun, Namun...

Kompas.com - 26/09/2017, 09:09 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah tengah melakukan kajian agar suku bunga kredit usaha rakyat (KUR) dapat turun menjadi 7 persen. Saat ini, suku bunga KUR dipatok sebesar 9 persen.

Menanggapi hal ini, Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Kartika Wirjoatmodjo menjelaskan, sebagai salah satu bank milik negara yang menyalurkan KUR, perseroan menyambut baik rencana tersebut.

Suku bunga KUR yang lebih rendah akan membuat masyarakat lebih mudah untuk mengakses.

"Kami melihat tentunya suku bunga ini kepada nasabah misalnya suku bunga semakin murah dan tentunya buat nasabah semakin mudah untuk mengakses dan membayar," kata Kartika di Menara Mandiri, Senin (25/9/2017).

Meskipun demikian, yang harus diperhatikan adalah posisi subsidi KUR. Pasalnya, subsidi tersebut dipandang harus tetap ada.

Untuk itu, Bank Mandiri mengharapkan ada struktur khusus untuk KUR yang kebutuhannya besar dari nasabah-nasabah plasma, misalnya di segmen replanting sawit. Nasabah seperti ini, imbuh dia, membutuhkan strategi khusus.

Namun begitu, secara umum perseroan mendukung penurunan suku bunga KUR. Selain itu, tutur Kartika, Bank Mandiri sebagai pelaksana program pemerintah mendukung penyaluran KUR ke sektor-sektor produktif.

"Kami menyambut baik penurunan bunga itu, sepanjang memang dari sisi struktur dan subsidi tidak berubah," ungkap Kartika. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com