Kompas.com - 26/09/2017, 09:09 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah tengah melakukan kajian agar suku bunga kredit usaha rakyat (KUR) dapat turun menjadi 7 persen. Saat ini, suku bunga KUR dipatok sebesar 9 persen.

Menanggapi hal ini, Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Kartika Wirjoatmodjo menjelaskan, sebagai salah satu bank milik negara yang menyalurkan KUR, perseroan menyambut baik rencana tersebut.

Suku bunga KUR yang lebih rendah akan membuat masyarakat lebih mudah untuk mengakses.

"Kami melihat tentunya suku bunga ini kepada nasabah misalnya suku bunga semakin murah dan tentunya buat nasabah semakin mudah untuk mengakses dan membayar," kata Kartika di Menara Mandiri, Senin (25/9/2017).

Meskipun demikian, yang harus diperhatikan adalah posisi subsidi KUR. Pasalnya, subsidi tersebut dipandang harus tetap ada.

Untuk itu, Bank Mandiri mengharapkan ada struktur khusus untuk KUR yang kebutuhannya besar dari nasabah-nasabah plasma, misalnya di segmen replanting sawit. Nasabah seperti ini, imbuh dia, membutuhkan strategi khusus.

Namun begitu, secara umum perseroan mendukung penurunan suku bunga KUR. Selain itu, tutur Kartika, Bank Mandiri sebagai pelaksana program pemerintah mendukung penyaluran KUR ke sektor-sektor produktif.

"Kami menyambut baik penurunan bunga itu, sepanjang memang dari sisi struktur dan subsidi tidak berubah," ungkap Kartika. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.