Investor Australia dan Korea "Berebut" untuk Kelola Bandara Komodo

Kompas.com - 26/09/2017, 12:56 WIB
Bandara Komodo di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANABandara Komodo di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.
EditorBambang Priyo Jatmiko

DENPASAR, KOMPAS.com - Dua investor asal Australia dan Korea "berebut" untuk menjadi pengelola Bandara Komodo, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menuturkan investasi yang dibutuhkan untuk pengembangan Bandara Komodo mencapai Rp 2 triliun.

"Dua investor itu tengah berkompetisi untuk mengelola Bandara Komodo. Bandara tersebut akan kami tawarkan kepada investor," ujarnya Selasa (26/9/2017).

Menhub mengatakan Bandara Komodo adalah salah satu bandara di bawah naungan Kementerian Perhubungan yang akan dikelola oleh swasta.

Selain bandara tersebut, Kemenhub juga meminta BUMN untuk mengelola bandara lain di antaranta adalah Temindung di Samarinda, Juwata di Tarakan, Kalimarau di Berau, Radin Inten di Lampung, Sentani di Jayapura, Hang Nadim di Batam.

Penyerahan pengelolaan bandara dilakukan dengan mempertimbangkan jumlah penumpang yang dilayani.

Selain pertimbangan layanan, penyerahan bandara-bandara itu juga mempertimbangkan aspek biaya operasional.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.