Kumpulkan Data Transaksi E-commerce, BPS Gandeng IdEA

Kompas.com - 26/09/2017, 16:57 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorMuhammad Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com – Badan Pusat Statistik (BPS) memastikan akan memotret lebih dalam perkembangan perdagangan elektonik atau e-commerce di ekonomi Indonesia.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, pihaknya siap menggandeng Indonesian E-commerce Association (IdEA) untuk bekerja sama memotret bisnis e-commerce.

“Karena online adalah teknik penjualan yang semakin lama semakin berkembang jadi harus ditangkap (datanya) oleh BPS,” ujarnya di Kantor BPS, Jakarta, Selasa (26/9/2017).

Hanya, data e-commerce yang akan ditangkap belum akan menyeluruh. Untuk tahap awal, BPS akan fokus kepada data-data e-commerc formal misalkan penjualan di Lazada, Zalora, dan Tokpedia.

Sementara itu, terkait e-commerce non formal, misalnya penjualan barang melalui Instagram atau Facebook, BPS mengatakan belum menemukan metode yang tepat untuk memotret datanya.

“Untuk e-commerce formal akan kami tangkap dan pelan-pelan kami masukkan ke data BPS,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.