Dalam 6 Bulan 51.000 Sapi Asal NTT Dikirim ke Luar Daerah

Kompas.com - 27/09/2017, 11:48 WIB
Ilustrasi sapi KOMPAS.COM/Anggita MuslimahIlustrasi sapi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

KUPANG, KOMPAS.com -Terhitung selama enam bulan, mulai dari Maret hingga September 2017 ini, sudah 51.000 ekor sapi dikirim dari Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) ke sejumlah daerah lainnya di Indonesia.

Kepala Dinas Peternakan Provinsi NTT Dani Suhadi mengatakan, tahun ini pihaknya menyiapkan kuota sapi untuk dikirim ke luar NTT yakni sebanyak 66.300 ekor.

"Sejumlah daerah yang membeli dapi dari NTT yakni DKI Jakarta, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Banten, Jawa Barat, Sulawesi Selatan hingg Papua,"kata Dani kepada Kompas.com Selasa (26/9/2017) sore.

Menurut Dani, pasokan sapi dari NTT ke sejumlah daerah tersebut, dalam setiap bulan bisa antara 6.000 sampai 8.000 ekor. 

Pengiriman sapi itu dilakukan hampir setiap minggu menggunakan transportasi laut berupa kapal kargo maupun kapal tol laut seperti KM Cemara.

"Jika pengiriman menggunakan tol laut biasanya kirim tiap dua minggu sementara kapal lain ada yang setiap minggu dan bisa lebih dari dua minggu,"tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.