Konferensi Wirausaha Sosial Internasional Digelar di Bali

Kompas.com - 27/09/2017, 12:43 WIB
Social Enterprise Advocacy and Leveraging (SEAL-ASIA) di H Sovereign Hotel, Bali, Rabu (27/9/2017). KOMPAS.com/SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWANSocial Enterprise Advocacy and Leveraging (SEAL-ASIA) di H Sovereign Hotel, Bali, Rabu (27/9/2017).
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

KUTA, KOMPAS.com - Pertumbuhan ekonomi suatu negara idealnya harus diimbangi dengan pemerataan distribusi pendapatan dan kekayaan di seluruh daerah dan kalangan masyarakat.

Akan tetapi, distribusi pendapatan dan kekayaan yang tak efisien akan menyebabkan ketidakadilan dan kemiskinan.

Hingga kini, ketimpangan masih banyak terjadi di berbagai belahan dunia, tidak terkecuali di kawasan Asia termasuk Indonesia. Salah satu upaya mengatasi ketimpangan dan kemiskinan yang banyak dilakukan saat ini adalah dengan wirausaha sosial.

"Hingga beberapa tahun lalu, bicara tentang wirausaha sosial di Indonesia masih aneh. Sampai sekarang masih sulit mendiskusikan tentang wirausaha sosial," kata Direktur Usaha Sosial Dompet Dhuafa Social Enterprise Rini Suprihartanti pada pembukaan Social Enterprise Advocacy and Leveraging (SEAL-ASIA) di Hotel H Sovereign, Kuta, Bali, Rabu (27/9/2017).

Berangkat dari keinginan dan misi untuk lebih mengenalkan dan berbagai pengalaman serta pengetahuan tentang wirausaha sosial, diselenggarakan SEAL-ASIA yang kedua tahun ini di Bali.

Acara internasional ini dihadiri oleh pelaku wirausaha sosial, akademisi, lembaga nirlaba, badan PBB, dan lainnya. Para peserta berasal dari Indonesia, Filipina, Thailand, Vietnam, India, Bangladesh, India, Jepang, Nepal, Taiwan, Belanda, dan Spanyol.

"Event SEAL di Bali diharapkan akan menjadi ajang pertukaran pengalaman dari pelau peneliti dan pengembangan wirausaha sosial untuk memperkaya dan memperkuat pola pengembangan pengelolaan wirausaha sosial," ujar Rini.

Selain itu, acara ini juga diharapkan menjadi jembatan dalam membangun jejaring di antara wirausaha sosial. Dengan demikian, akan terbangun dan meningkatnya peluang kolaborasi yang lebih kuat dan memberikan dampak yang lebih besar.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X