Baru 300 Pekerja Ikuti Program Rumah DP 1 Persen BPJS Ketenagakerjaan

Kompas.com - 27/09/2017, 14:36 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto mengungkapkan, program kepemilikan rumah dengan skema down payment (DP) 1 persen telah diikuti oleh 300 pekerja.

"Kami terus kerjasama dengan Bank BTN, saat ini sudah ada Rp 50 miliar yang kami salurkan, sekitar 300 peserta, belum terlalu masif," ujar Agus di Graha CIMB Niaga, Jakarta, Selasa (26/9/2017).

Agus mengatakan, pihaknya akan melakukan sosialisasi yang lebih masih kepada para pekerja terkait adanya fasilitas kepemilikan rumah dengan DP 1 persen.

"Kami persiapkan untuk sosialisasi lagi ke masyarakat," katanya.

Agus mengakui, fasilitas kepemilikian rumah dengan DP 1 persen belum banyak diketahui oleh pekerja.

(Baca: BPJS Ketenagakerjaan Kaji Opsi Beli Saham Freeport)

 

Menurutnya program itu terbuka bagi para pekerja diluar kategori Masyarakat Berpendapatan Rendah (MBR) dengan plafon Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) maksimal Rp 500 juta.

"Dana kamialokasikan Rp 5 triliun, tapi untuk plafon pinjamannya maksimal Rp 500 juta, itu maksimal pinjaman (KPR). Ini yang MBR dan non MBR, kalau non MBR Rp 500 juta, kalau MBR sesuai dengan regulasi masing-masing provinsi kurang lebih Rp 130 juta," jelas Agus.

Adapun, program tersebut merupakan salah satu Manfaat Layanan Tambahan (MLT) yang diatur dalam Permenaker No 35 tahun 2016, agar dapat meningkatkan kesejahteraan peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Sementara itu, persyaratan bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk dapat menikmati fasilitas MLT adalah sebagai berikut:

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.