Indonesia Tawarkan Peluang Investasi Infrastruktur Rp 20 Triliun ke Korea

Kompas.com - 27/09/2017, 15:11 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

DENPASAR, KOMPAS.com - Pemerintah menawarkan peluang investasi infrastruktur transportasi senilai Rp 20 triliun kepada Korea Selatan.

Tawaran tersebut disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat bertemu dengan delegasi Korea Selatan dalam ajang pertemuan menteri-menteri transportasi Asia-Eropa (ASEM-TMM) di Bali, Rabu (27/9/2017).

Budi Karya mengungkapkan proyek infrastruktur yang ditawarkan ke Korea Selatan yakni Pelabuhan Kuala Tanjung, Bandara Kualanamu serta kereta api di Sulawesi Selatan.

"Dari tiga proyek tersebut, Korea Selatan sangat tertarik pada peluang investasi di perkeretaapian di Sulawesi Selatan," ujarnya Rabu (27/9/2017).

Menurut Budi Karya, pembicaraan akan dilanjutkan oleh Sekjen Kementerian Perhubungan untuk dibuatkan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU).

Hari ini, Menteri Perhubungan bertemu dengan para delegasi negara-negara anggota ASEM untuk menjajaki sejumlah peluang kerja sama.

Sebelumnya, Menhub bertemu dengan Menteri Negara Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata Jepang Takao Makino untuk memastikan tiga proyek infrastruktur bisa terlaksana sesuai jadwal.

Adapun tiga proyek yang dibahas adalah proyek MRT Jakarta, kereta semi cepat Jakarta-Surabaya, serta pembangunan pelabuhan Patimban, Jawa Barat.

Dalam ASEM-TMM ini, pemerintah berharap bisa menarik investasi sebesar Rp 30 triliun-Rp 40 triliun dengam menawarkan sekitar 12 proyek infrastruktur.

Proyek-proyek tersebut sebagian besar adalah pelabuhan untuk mendukung konektivitas barang. Selain itu, ada juga proyek lainnya seperti bandara dan perkeretaapian.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.