Di Asia, Kewirausahaan Sosial Fokus pada Warga Miskin

Kompas.com - 27/09/2017, 16:08 WIB
|
EditorAprillia Ika

KUTA, KOMPAS.com - Kemiskinan dan ketimpangan di Asia masih menjadi salah satu masalah yang serius.

Untuk mengentaskan kemiskinan dan menurunkan ketimpangan, kewirausahaan sosial menjadi salah satu solusi yang efektif.

Kewirausahaan sosial adalah paduan antara bisnis dengan pemberdayaan masyarakat. Dalam konsep ini, masyarakat yang menjadi sasaran akan langsung terlibat secara produktif menyelesaikan masalah yang dihadapi.

Presiden Institute for Social Entrepreneurship in Asia (ISEA) Marie Lisa Dacanay menyebut, kewirausahaan sosial di kawasan Asia berkembang dengan pesat.

Fokus utama kewirausahaan sosial di kawasan tersebut adalah fokusnya untuk mengentaskan kemiskinan.

(Baca: Kewirausahaan Sosial Penting untuk Kesetaraan Perempuan)

 

"Di Asia banyak sekali masyarakat miskin. Banyak kewirausahaan sosial terkait dengan kemiskinan di Asia," kata Dacanay pada ajang Social Enterprise Advocacy and Leveraging (SEAL-ASIA) di Hotel H Sovereign, Kuta, Bali, Rabu (27/9/2017).

Ia memberi beberapa contoh kewirausahaan sosial di Asia yang memiliki fokus dalam pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat. Di Filipina, ada kewirausahaan sosial yang diinisiasi sebuah asosiasi kopi Flipina.

Kewirausahaan sosial ini fokus untuk memberikan nilai tambah bagi petani kopi. Dengan demikian, petani kopi di Filipina tidak hanya memproduksi bahan baku berupa biji kopi, tapi juga masuk ke rantai pasok dengan menciptakan merek sendiri.

"Mereka menciptakan kekayaan bagi masyarakat miskin. Membantu petani tidak hanya menjadi produsen kopi, tapi masuk ke ranyai nilai dan menciptakan brand mereka sendiri," ungkap Dacanay.

Halaman:


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.