The Fed: Pengetatan Moneter Tetap Berlanjut

Kompas.com - 27/09/2017, 19:46 WIB
Gedung Bank Sentral Amerika (The Fed). Dok Kontan.co.idGedung Bank Sentral Amerika (The Fed).
|
EditorMuhammad Fajar Marta

CLEVELAND, KOMPAS.com - Pimpinan bank sentral AS Federal Reserve Janet Yellen menyatakan, kenaikan suku bunga acuan Fed Fund Rate ( FFR) secara bertahap harus berlanjut.

Meskipun ketidakpastian masih ada, imbuh Yellen, namun akan menjadi tidak baik apabila kebijakan moneter terus ditahan sampai inflasi menyentuh target 2 persen.

"Tanpa peningkatan suku bunga acuan FFR secara gradual, ada risiko pasar tenaga kerja akan overheat, pasar menjadi overheat, dan menimbulkan masalah inflasi yang akan sulit untuk diatasi," ujar Yellen seperti dikutip dari Reuters, Rabu (27/9/2017).

Sepanjang tahun ini, The Fed telah menaikkan suku bunga acuan sebanyak 2 kali. The Fed juga telah merilis proyeksi kenaikan suku bunga acuan FFR satu kali lagi pada tahun ini. Adapun pada tahun 2018 mendatang, The Fed memproyeksikan tiga kali kenaikan suku bunga acuan FFR.

Probabilitas kenaikan suku bunga FFR pada Desember 2017 saat ini mencapai 76 persen. Para trader juga memproyeksikan bahwa The Fed hanya akan menaikkan suku bunga FFR sebanyak satu kali pada tahun 2018 mendatang. Yellen menyatakan, pihaknya dalam beberapa bulan mendatang akan terus memantau data inflasi dan pasar tenaga kerja AS.

"Dengan penyesuaian arah kebijakan moneter secara gradual, inflasi akan stabil pada kisaran level 2 persen dalam jangka menengah," ungkap Yellen.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X