Tingkatkan Konektivitas, Negara-negara Asia dan Eropa Sepakati Deklarasi Bali

Kompas.com - 28/09/2017, 06:09 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan perwakilan delegasi Uni Eropa Violeta Bulc (kedua dari kiri) memberikan paparan kepada media, Selasa (27/9/2017). KOMPAS.com/BAMBANG P. JATMIKOMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan perwakilan delegasi Uni Eropa Violeta Bulc (kedua dari kiri) memberikan paparan kepada media, Selasa (27/9/2017).
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

DENPASAR, KOMPAS.com - Negara-negara Asia dan Eropa berkomitmen untuk meningkatkan konektivitas dua wilayah. Komitmen tersebut tertuang dalam Deklarasi Bali atau Bali Declaration.

Bali Declaration disepakati dalam acara pertemuan menteri-menteri transportasi Asia-Eropa (ASEM-TMM) yang digelar di Nusa Dua Bali, 27-28 September 2017.

Acara tersebut dihadiri oleh delegasi dari 39 negara dan 15 di antaranya adalah menteri transportasi.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi selaku perwakilan tuan rumah menjelaskan Deklarasi Bali ini merupakan bentuk kesepakatan dan upaya untuk meningkatkan hubungan dua kawasan agar lebih baik dari sebelumnya.

"Ini menjadi kerangka kerja sama yang bisa dijalin di antara negara-negara anggota ASEM," jelasnya Rabu (27/9/2017).

Sementara itu delegasi Uni Eropa Violeta Bulc menjelaskan penguatan kerja sama antara Asia dan Eropa penting untuk dilakukan dalam rangka peningkatan kesejahteraan dua kawasan.

Terkait dengan hal ini, Uni Eropa memiliki tiga poin penting dalam kerja sama dengan negara-negara Asia.

Pertama adalah peningkatan konektivitas di sektor aviasi, maritim dan perkeretaapian. Selanjutnya menciptakan transportasi yang berkelanjutan dengan mengurangi emisi karbon, dan yang terakhir adalah meningkatkan keselamatan berkendara di jalan raya.

Berikut 20 poin yang menjadi kesepakatan yang tertuang dalam Deklarasi Bali:

1. Menegaskan peran penting ASEM TMM dan pentingnya menindaklanjuti komitmen yang dibuat untuk kemitraan yang lebih kuat di semua bidang transportasi.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X