Filipina Undang Inka untuk Pasok Gerbong Kereta di Pulau Mindanao

Kompas.com - 28/09/2017, 11:22 WIB
Karyawan PT INKA menyelesaikan pembuatan kereta khusus untuk penyandang difabel pesanan PT KAI yang akan dioperasikan untuk pemudik lebaran 2017, Sabtu (3/6/2017) Kompas.com/Muhlis Al AlawiKaryawan PT INKA menyelesaikan pembuatan kereta khusus untuk penyandang difabel pesanan PT KAI yang akan dioperasikan untuk pemudik lebaran 2017, Sabtu (3/6/2017)
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

DENPASAR, KOMPAS.com - Pemerintah Filipina membuka pintu bagi PT Inka (Persero) untuk memasok gerbong.

Gerbong dari Inka diperlukan oleh Filipina seiring dengan rencana pemerintah negara tersebut yang akan membangun jalur kereta di Pulau Mindanao sepanjang sekitar 800 kilometer.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan Pemerintah Filipina telah mengundang Inka untuk melihat peluang tersebut.

"Nanti Inka bisa membentuk konsorsium dengan Filipina untuk memenuhi kebutuhan gerbong gerbong yang akan dipakai di Mindanao, "jelas Menhub, Kamis (28/9/2017).

Sementara itu, Undersecretary for Maritime, Department of Transportation Filipina, Felipe A. Judan menuturkan ini merupakan kesempatan bagi Indonesia dan Filipina untuk mempererat kerja sama.

"Kami berharap bisa meningkatkan hubungan baik di antara kedua negara," jelasnya.

Garuda Indonesia

Dalam kesempatan itu, Menhub Budi Karya juga mengungkapkan rencana maskapai Garuda Indonesia terbang ke Filipina.

Menurut Menhub, Garuda Indonesia dijadwalkan akan mulai terbang pada Januari 2018. Saat ini Garuda belum memiliki rute penerbangan ke Filipina.

Maskapai ini sebenarnya pernah terbang ke Manila, namun dihentikan karena rendahnya tingkat isian kursi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X