Rembes ke Pasar, 21 Ton Gula Rafinasi Dimusnahkan

Kompas.com - 28/09/2017, 13:45 WIB
Jajaran Kementerian Perdagangan memusnahkan 21,3 ton gula rafinasi hasil sitaan Petugas Tertib Niaga sepanjang semester I-2017 KOMPAS.com/YOGA SUKMANAJajaran Kementerian Perdagangan memusnahkan 21,3 ton gula rafinasi hasil sitaan Petugas Tertib Niaga sepanjang semester I-2017
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perdagangan (Kemendag) memusnahkan 21,3 ton gula kristal rafinasi. Pembakaran komoditas tersebut dilakukan di Lapangan Kantor Kementerian Perdagangan.

“Barang yang dimusnahkan hari ini adalah hasil dari pengawasan petugas tertib niaga pada semester I-2017,” ujar Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kemendag, Syahrul Mamma di Jakarta, Kamis (28/9/2017).

Menurut Syahrul,telah terjadi pelangagran aturan sebab 21,3 ton gula rafinasi tersebut telah rembes ke pasar. Padahal gula rafinasi merupakan gula untuk keperluan industri.

(Baca: Apindo Tolak Wacana Sistem Lelang untuk Gula Kristal Rafinasi)

 

Penyitaan 21,3 ton gula rafinasi tersebut dilakukan oleh petugas tertib niaga dari para pedagang pasar di berbagai daerah di Indonesia sejak Januri-Juni 2017.

Syahrul menuturkan, rembesnya gula rafinasi ke pasar dilakukan oleh industri pengguna.

Kemendag justru mengapresiasi peran para produsen gula rafinasi yang ikut bertanggung jawab menarik produknya dari pasaran.

Selain gula rafinasi, Kemendag juga memusnahkan 47,9 ton sapi daging impor yang sudah kadaluarsa. Daging tersebut juga sitaan sejak semester I-2017.

Kompas TV Mesin Pabrik Gula Meledak, 3 Pekerja Terluka

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X