AAJI: Hanya OJK Saja yang Berwenang Cabut Usaha Asuransi

Kompas.com - 28/09/2017, 13:52 WIB
Asuransi kesehatan. ThinkstockAsuransi kesehatan.
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Asuransi Jiwa (AAJI) menegaskan hanya Otoritas Jasa Keuangan (OJK) saja yang berwenang untuk mencabut atau membekukan operasional perusahaan Asuransi.

Direktur Eksekutif AAJI, Togar Pasaribu menerangkan, pencabutan atau pembekuan operasional perusahaan tercantum, Pasal 50 ayat (1) Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2014 tentang Perasuransian.

Pasal tersebut menyatakan, permohonan pernyataan pailit terhadap Perusahaan Asuransi, Perusahaan Asuransi Syariah, perusahaan reasuransi, atau perusahaan reasuransi syariah berdasarkan Undang-Undang ini hanya dapat diajukan oleh OJK.

"Dari sisi UU yang boleh pailitkan hanya OJK," ujar Togar saat dihubungi Kompas.com, Kamis (28/9/2017).

(Baca: OJK Hormati Proses Hukum Kasus Asuransi Allianz Life Indonesia)

 

Meski demikian, Togar enggan mengomentari terkait kasus yang mendera Asuransi Allianz Life Indonesia.

"Kami sudah diskusi internal. Pada saatnya kami akan berkomentar. Kami cuma perlu tahu kasus ini seperti apa. Soalnya, kami belum tahu kasus ini," jelas dia.

Polda Metro Jaya telah menetapkan dua petinggi PT Asuransi Allianz Life Indonesia menjadi tersangka yakni Direktur Utama Joaching Wessling dan Manager Claim Yuliana Firmansyah.

Penetapan tersebut, atas laporan nasabah yang merasa dipersulit Asuransi Allianz Life Indonesia untuk mencairkan klaim asuransi.

(Baca: Pekan Depan, Polisi Periksa 2 Petinggi Allianz karena Persulit Klaim Asuransi)

 

Dalam kasus ini, polisi menjerat kedua tersangka dengan Pasal 8 ayat 1 huruf (F), Pasal 10 huruf (C), dan Pasal 18 juncto Pasal 62 ayat 1 juncto Pasal 63 huruf (F) UU RI Nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

Menurut Pengacara korban asuransi Allianz, Alvin Lim Selain pasal 62, Asuransi Allianz juga dikenakan pasal 63 untuk pembekuan kegiatan operasi dan pencabutan ijin operasi.

Sehingga, apabila diputuskan bersalah maka pengadilan dapat menutup Operasional PT Asuransi Allianz Life Indonesia secara hukum.

Kompas TV Otoritas Jasa Keuangan telah merilis aturan bagi pegadaian swasta.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.