BJ Habibie Ajak Masyarakat Sumbang Dana untuk Pengembangan Pesawat R80

Kompas.com - 28/09/2017, 19:29 WIB
BJ HabibieKOMPAS.com/PRAMDIA ARHANDO BJ Habibie
|
EditorMuhammad Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Ketiga Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie mengajak masyarakat untuk ikut andil dalam proyek pengembangan purwarupa (prototype) pesawat rancangannya yakni R80 melalui skema penggalangan dana.

Menurut Habibie, saat ini sudah saatnya industri dirgantara nasional bangkit kembali dengan belajar dari masa lalu.

"Jika pesawat R80 tidak terwujud, pembuatan pesawat terbang di bumi Indonesia berakhir. Tidak ada sumber daya manusia terbarukan, tidak ada motivasi," tegas Habibie saat konferensi pers di kediamannya, Patra Kuningan, Jakarta, Kamis (28/9/2017).

PT Regio Aviasi Industri (RAI) yang merupakan perusahaan bentukan BJ Habibie bersama putranya Ilham Habibie, telah menjalin kerja sama dengan situs penggalangan dana melalui internet atau crowdfunding yakni Kitabisa.com.

Dengan demikian, masyarakat umum bisa memberikan partisipasinya melalui website tersebut guna ambil bagian dalam pengembangan pesawat R80.

Menurutnya, cara tersebut merupakan upaya untuk membangkitkan kembali industri dirgantara nasional.

“Kita bangkit kembali, it's your future, saya merasa berdosa kalau saya masa bodoh dengan perkembangan dirgantara Indonesia,” ujar Habibie.

Habibie menegaskan, proyek pesawat rancangannya bukanlah milik dirinya pribadi, tetapi milik bangsa dan rakyat Indonesia, dengan itu dirinya mengajak masyarakat untuk turut andil dalam proyek tersebut. “Bahwa sejatinya pesawat ini rakyat yang memilikinya,” kata Habibie.

Sementara itu, Direktur PT RAI, Agung Nugroho, menjelaskan dana yang dikumpulkan melalui crowdfunding akan digunakan untuk membantu para ahli mengembangkan pesawat R80, juga sebagai bentuk kampanye agar masyarakat luas mengetahui upaya pembangunan industri kedirgantara Indonesia.

“Bantuan pemerintah tidak dalam bantuan uang, tapi fasilitas. Kalau mendapatkan bantuan, ini tentunya dapat mendorong investor,” jelas Agung.

Dalam kampanye penggalangan dana proyek pesawat R80, PT RAI dan Kitabisa.com mengajak para publik figur dan buzzer, antara lain Andien Aisyah, Nadine Chandrawinata, Melanie Subono, dan Andovi Lopez.

Rencananya, prototype pesawat R80 akan diujiterbangkan pada tahun 2020 mendatang. Setelah melewati tahapan proses sertifikasi, R80 baru akan diproduksi secara massal pada tahun 2025 dalam melayani penerbangan jarak pendek-menengah. 

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X