Kompas.com - 30/09/2017, 11:35 WIB
|
EditorMuhammad Fajar Marta

MANADO, KOMPAS.com - PT TIKI Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) segera membuka kantor perwakilan di salah satu pulau terluar di wilayah Sulawesi Utara, Pulau Miangas.

Kepala Cabang Utama JNE Manado Julianus Barthen Patinggi menargetkan kantor perwakilan tersebut beroperasi pada akhir tahun 2017.

"Jadi nanti lengkap, kami punya (kantor perwakilan) di Sabang, Merauke, Rote, dan Miangas," kata Barthen, di Manado, Sulawesi Utara.

Alasan dibukanya kantor perwakilan JNE di Miangas adalah besarnya potensi pengiriman barang dari dan ke pulau yang terletak di Kabupaten Talaud tersebut.

Selama ini, lanjut dia, masyarakat Miangas lebih senang berbelanja di Filipina ketimbang Manado. Hal itu disebabkan karena waktu tempuh Miangas-Filipina hanya membutuhkan lima jam melalui jalur laut. Sedangkan Miangas-Manado membutuhkan waktu hingga satu malam.

Hal ini juga menyebabkan pengiriman barang Manado-Miangas dan sebaliknya menjadi lebih lama.

"Padahal, dalam satu minggu, paling tidak, ada sekitar 30-an pengiriman dari dan ke Miangas," kata Barthen.

Namun, kekhawatiran Barthen mulai berkurang sejak dibangunnya Bandara Miangas. Bandara yang diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo tersebut diyakini akan semakin memudahkan pengiriman barang dari dan ke Miangas.

Saat ini, maskapai yang sudah beroperasi di Bandara Miangas adalah Wings Air. Ia ingin memastikan ketersediaan fasilitas kargo pada maskapai tersebut.

"Pak Jokowi membuka peluang yang sangat baik bagi kami, ada Bandara Miangas (pengiriman) semakin mudah. Kalau (Wings Air bisa membawa kargo) ini bisa bagus, karena kami tidak perlu (mengirim barang) melalui jalur laut lagi," kata Barthen.

Adapun barang yang biasanya dikirim dari Miangas berupa oleh-oleh dan makanan khas. Sedangkan pengiriman barang ke Miangas didominasi produk fashion.

Di sisi lain, Barthen menjelaskan, JNE Manado membawahi seluruh agen se-Sulawesi Utara. Pihaknya menargetkan sebanyak 50 agen penyangga di Sulawesi Utara. Hingga kini, sebanyak 42 agen penyangga tersebar di kota maupun kabupaten di Sulawesi Utara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.