Tips Pimpin Rapat yang Efektif Agar Karier Cemerlang

Kompas.com - 30/09/2017, 17:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernahkah Anda diminta untuk memimpin rapat kerja di kantor? Kemudian, timbul pertanyaan dalam diri apakah saya bisa memimpin rapat hari ini?

Jika hal ini pernah terjadi, dan Anda menerima untuk memimpin rapat, itu adalah suatu pembelajaran baru yang akan didapatkan tanpa harus takut kurang percaya diri ketika memimpin rapat.

Ingat bahwa tujuan rapat adalah menciptakan suasana yang kondusif dan efektif serta efisien.

Saat ada meeting di kantor, Anda yang terpilih untuk memimpin rapat sebenarnya memiliki kesempatan untuk menunjukkan diri yang penuh percaya diri ketika memimpin rapat.

Saat itu, rekan satu kantor juga akan bisa melihat bagaimana Anda mengelola tanggung jawab yang cukup besar tersebut.

Hal ini tentunya akan menjadi Investasi bagi karier kedepannya. Untuk menjadi seorang pemimpin rapat yang berkesan baik, Anda perlu mengetahui beberapa tipsnya. Simak ulasan di bawah ini.

1. Rapat Tidak Lebih Sejam

Suasana rapat memang identik dengan suasana formal. Namun, keluhan umum dari acara meeting ini adalah rasa bosan dan rasa kantuk yang terkadang cukup.

Seorang pemimpin rapat yang baik harus mampu menjalankan rapat secara efektif dan efisien dengan waktu yang cukup singkat.

Usahakan Anda memimpin rapat tidak lebih dari satu jam, tapi bahasannya lengkap. Mulai dari penjelasan tujuan bahasan, hingga mendengarkan opini dari peserta.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X