Indonesia Masuk 30 Besar Negara dengan Orang Super Kaya Terbanyak

Kompas.com - 01/10/2017, 19:22 WIB
Ilustrasi. ShutterstockIlustrasi.
|
EditorLaksono Hari Wiwoho

KOMPAS.com - Sebuah laporan bertajuk Wealth-X Billionaire Census mencatat ada 2.300-an orang triliuner di dunia pada tahun 2016. Sebagian besar orang super kaya tersebut tinggal di AS, China, Jerman, Rusia, dan Inggris.

CNBC melaporkan, Wealth-X juga merilis daftar negara-negara yang paling banyak memiliki orang berharta miliaran dollar AS atau triliunan rupiah. Yang menarik, Indonesia masuk peringkat 30 besar dalam daftar tersebut.

Berdasarkan studi itu, AS merupakan satu-satunya negara di antara 9 besar yang mengalami peningkatan populasi orang super tajir pada 2016.

AS tercatat memiliki 620 orang triliuner dengan total kekayaan mencapai 2,6 triliun dollar AS.

"Peningkatan jumlah kekayaan miliarder di AS disebabkan menguatnya nilai tukar dollar AS dan kuatnya pertumbuhan sektor teknologi," kata Wealth-X seperti dikutip CNBC, Minggu (1/10/2017).

Secara keseluruhan, studi tersebut melaporkan bahwa tahun lalu merupakan tahun yang menantang bagi populasi triliuner global. Jumlah triliuner turun 3,1 persen menjadi 2.397 orang.

Kombinasi kekayaan mereka juga terdampak. Ini dibuktikan dengan penurunan jumlah kekayaan triliuner global sebesar 3,7 persen menjadi 7,4 triliun dollar AS.

Penurunan jumlah populasi dan kekayaan orang tajir tersebut, menurut Wealth-X, akibat meningkatnya ketidakstabilan geopolitik. Kondisi ini menyebabkan hilangnya momentum penciptaan kekayaan.

Secara berurut, AS, China, Jerman, Rusia, dan Inggris menempati lima besar daftar negara terbaik bagi orang kaya. Jumlah triliuner di negara-negara tersebut masing-masing mencapai 620, 249, 129, 100, dan 94 orang.

Swiss, India, dan Hong Kong berada di bawah negara-negara itu dengan jumlah superkaya masing-masing sebanyak 86, 85, dan 72 orang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X