Begini Mekanisme Penjualan Tiket Kereta Bandara Soekarno-Hatta

Kompas.com - 04/10/2017, 07:02 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Penjualan tiket kereta Bandara Soekarno-Hatta akan dilakukan secara elektronik. Operator layanan kereta api Bandara Soekarno-Hatta, PT Railink, memastikan transaksi pembelian tiket kereta Bandara Soekarno-Hatta melalui sistem cashless atau non tunai.

"Sistem ticketing kereta Bandara Soekarno-Hatta ini memang cashless. Artinya, tidak ada transaksi tunai di stasiun," kata Diah Suryandari, JM Marcomm & PR PT Railink, kepada wartawan, di atas kereta bandara, Jakarta, Selasa (3/10/2017).

Untuk pembelian tiketnya, lanjut dia, dapat dilakukan melalui tiga jaringan, yakni internet booking, aplikasi mobile, dan vending machine. Sedangkan pembayaran tiketnya, Railink tidak mengeluarkan kartu khusus seperti kartu multitrip commuter line.

"Kalau di kami (pembayaran tiket kereta Bandara Soekarno-Hatta) bisa menggunakan semua kartu perbankan yang ada logo Visa, Mastercard, dan juga JCB. Kartu kredit, debet, prepaid, itu semuanya bisa," kata Diah.

Adapun bank yang bekerja sama dengan PT Railink untuk pembayaran tiket kereta bandara adalah BCA, Bank Danamon, Bank DKI, Maybank, Bank Permata, dan Bank QNB.

Pihaknya juga bekerja sama dengan penyedia jaringan maupun payment gateway seperti TCash dari Telkomsel, Doku, Midtrans, Artajasa, Finnet, dan Kartuku.

"Jadi sebenarnya kami memang mengusung ticketing ini bahwa semua transaksi itu selesai dilakukan sebelum sampai dengan di stasiun," kata Diah.

Bagi penumpang yang belum sempat membeli tiket, dapat membeli di vending machine. Oleh karena menerapkan sistem non tunai, tidak akan ada petugas loket yang menjual tiket kereta Bandara Soekarno-Hatta.

Selain itu, penumpang kereta Bandara Soekarno-Hatta juga akan masuk ke stasiun melalui gate berbeda dengan penumpang commuter line lainnya.

"Misalnya kalau kita beli tiket di aplikasi mobile, nanti dapat barcode. Nah, barcodenya itu langsung tap ke gate. Kemudian kalau beli tiket di finding machine, transaksi sukses ada struk kayak kertas gitu, nah nanti barcodenya di-tap ke gate," kata Diah.

Kompas TV Penutupan jalan Daan Mogot kilometer 23 dilakukan sejak Minggu dini hari.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.