Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Mekanisme Penjualan Tiket Kereta Bandara Soekarno-Hatta

Kompas.com - 04/10/2017, 07:02 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penjualan tiket kereta Bandara Soekarno-Hatta akan dilakukan secara elektronik. Operator layanan kereta api Bandara Soekarno-Hatta, PT Railink, memastikan transaksi pembelian tiket kereta Bandara Soekarno-Hatta melalui sistem cashless atau non tunai.

"Sistem ticketing kereta Bandara Soekarno-Hatta ini memang cashless. Artinya, tidak ada transaksi tunai di stasiun," kata Diah Suryandari, JM Marcomm & PR PT Railink, kepada wartawan, di atas kereta bandara, Jakarta, Selasa (3/10/2017).

Untuk pembelian tiketnya, lanjut dia, dapat dilakukan melalui tiga jaringan, yakni internet booking, aplikasi mobile, dan vending machine. Sedangkan pembayaran tiketnya, Railink tidak mengeluarkan kartu khusus seperti kartu multitrip commuter line.

"Kalau di kami (pembayaran tiket kereta Bandara Soekarno-Hatta) bisa menggunakan semua kartu perbankan yang ada logo Visa, Mastercard, dan juga JCB. Kartu kredit, debet, prepaid, itu semuanya bisa," kata Diah.

Adapun bank yang bekerja sama dengan PT Railink untuk pembayaran tiket kereta bandara adalah BCA, Bank Danamon, Bank DKI, Maybank, Bank Permata, dan Bank QNB.

Pihaknya juga bekerja sama dengan penyedia jaringan maupun payment gateway seperti TCash dari Telkomsel, Doku, Midtrans, Artajasa, Finnet, dan Kartuku.

"Jadi sebenarnya kami memang mengusung ticketing ini bahwa semua transaksi itu selesai dilakukan sebelum sampai dengan di stasiun," kata Diah.

Bagi penumpang yang belum sempat membeli tiket, dapat membeli di vending machine. Oleh karena menerapkan sistem non tunai, tidak akan ada petugas loket yang menjual tiket kereta Bandara Soekarno-Hatta.

Selain itu, penumpang kereta Bandara Soekarno-Hatta juga akan masuk ke stasiun melalui gate berbeda dengan penumpang commuter line lainnya.

"Misalnya kalau kita beli tiket di aplikasi mobile, nanti dapat barcode. Nah, barcodenya itu langsung tap ke gate. Kemudian kalau beli tiket di finding machine, transaksi sukses ada struk kayak kertas gitu, nah nanti barcodenya di-tap ke gate," kata Diah.

Kompas TV Penutupan jalan Daan Mogot kilometer 23 dilakukan sejak Minggu dini hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com