Operasional Kereta Bandara Soekarno-Hatta Terganjal Pembebasan Lahan

Kompas.com - 04/10/2017, 12:56 WIB
Satu rangkaian kereta Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) buatan PT Industri Kereta Api (INKA) terlihat di Balai Yasa, Manggarai, Jakarta, Senin (18/9/2017). KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGSatu rangkaian kereta Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) buatan PT Industri Kereta Api (INKA) terlihat di Balai Yasa, Manggarai, Jakarta, Senin (18/9/2017).
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Operasional kereta Bandara Soekarno-Hatta ditargetkan beroperasional pada November 2017. Hanya saja, sejumlah kendala ditemukan untuk mengoperasionalkan kereta tersebut.

"Yang susah tuh membebaskan lahan, kavling. Kalau konstruksi nanti lah akhir Oktober (selesai)," kata Direktur Logistik dan Pengembangan PT KAI Budi Noviantoro, saat menjajal kereta Bandara Soekarno Hatta, Selasa (3/10/2017) malam.

Hingga kini, jalur dari Stasiun Batu Ceper ke Stasiun Bandara Soekarno-Hatta belum rampung dikerjakan.

Noviantoro menjelaskan, pihaknya telah menyelesaikan pembangunan jalur kereta dari Stasiun Bandara Soerkarno-Hatta ke Kecamatan Benda.

(Baca: Kereta Bandara Soetta Beroperasi November, Sejumlah Stasiun Disempurnakan)

Sedangkan di beberapa kawasan lain, Noviantoro mengaku kesulitan akses untuk memasukkan material pembangunan jalur kereta.

Selain itu, pekerjaan harus dilakukan pada malam hari saat commuter line sudah selesai beroperasi.

"Masalahnya akses kami untuk mendukung material itu enggak banyak. Kan proyek ini akan memotong (membebaskan lahan) kampung, memotong pabrik, madrasah, dan segala macam," kata Noviantoro.

Dia menjelaskan, PT KAI akan membebaskan lahan 14 pabrik untuk operasional kereta Bandara Soekarno Hatta. Dia menargetkan pembebasan lahan selesai dalam 25 hari mendatang.

(Baca: Begini Mekanisme Penjualan Tiket Kereta Bandara Soekarno-Hatta )

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.