Jasa Marga: Kami Tidak Ingin Ada Top Up Uang Elektronik di Gerbang Tol

Kompas.com - 07/10/2017, 10:16 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorAmir Sodikin

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga menolak usulan adanya tempat khusus untuk isi ulang uang elektronik di gerbang tol. Sebab hal itu justru dinilai akan menciptakan masalah baru.

"Kami tidak ingin ada top up (di gerbang tol) karena malah akan menciptakan antrean baru," ujar Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Jumat (6/10/2017).

Jasa Marga tutur Desi, menginginkan para pengguna jalan tol melalukan top up di luar jalan tol sehingga tidak menganggu pengguna jalan lainnya. Caranya tentu dengan memanfaatkan cara yang sudah ada selama ini.

Misalnya melalui mobile banking dan via anjungan tunai mandiri (ATM). Selain itu juga bisa memanfatkan tempat pengisian uang elektronik di gerai-gerai modern yang tersedia.

"Kalau boleh keinginannya seperti itu. Tetapi mungkin untuk jangka pendek top up dekat gerbang tol tetapi bukan di lokasi gerbang tolnya langsung," kata Desi.

Baca juga: Jasa Marga Pastikan Bisa Isi Ulang Saldo "E-Toll" di Gardu Tol

Pernyataan Jasa Marga didukung oleh Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution. Menurut Darmin, top up di gerbang tol pasti akan menyulitkan pengguna jalan tol yang lain.

"Jadi mungkin harus disedikan ada orang mungkin berdiri di situ (dekat gerbang tol) tapi bukan top up di pintu tolnya," kata Darmin.

Sebelumnya, pemerintah akan meniadakan pembayaran tunai diseluruh gerbang tol pada akhir Oktober 2017. Nantinya transaksi di jalan tol akan diganti dengan mengunakan kartu elektronik.

 Baca juga: Jasa Marga: Ini Penyebab Kartu Elektronik Tidak Terbaca di Gardu Tol

Kebijakan ini dilakukan untuk mendukung gerakan non tunai yang dilakukan oleh Bank Indonesia dan efisiensi sistem pembayaran tol.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.