Jalur KRL Bekasi - Cikarang Dukung Proyek Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya

Kompas.com - 07/10/2017, 21:05 WIB
Peresmian pengoperasian Stasiun Bekasi Timur dan pengoperasian KRL Lintas Bekasi-Cikarang.‎ KOMPAS.com/ACHMAD FAUZIPeresmian pengoperasian Stasiun Bekasi Timur dan pengoperasian KRL Lintas Bekasi-Cikarang.‎
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorMuhammad Fajar Marta

BEKASI, KOMPAS.com - Pemerintah Jepang menyambut baik adanya jalur kereta rel listrik ( KRL) sampai Cikarang. Jalur tersebut dapat mendukung proyek kereta semi cepat Jakarta-Surabaya. 

Wakil Duta Besar untuk indonesia, Kozo Honsei mengatakan, proyek kereta semi cepat Jakarta-Surabaya akan melewati jalur lintas utara Jawa termasuk jalur KRL Cikarang.

(Baca: Operasional KRL Sampai Cikarang Dipastikan Mulai 8 Oktober 2017)

"Jalur perlintasan Jakarta-Surabaya itu kira-kira sepanjang 730 kilometer. Proyek KRL ini sangat penting untuk dukung proyek kereta semi cepat," ujar Kozo saat peresmian operasi KRL Lintas Bekasi-Cikarang, di Bekasi, Sabtu (7/10/2017). 

Kozo menyampaikan, jalur KRL sampai Cikarang juga dapat mempercepat mobilitas masyarakat Cikarang untuk menuju pusat bisnis di Jakarta. 

"Kami sangat senang pembangunan stasiun dan pengoperasian KRL menggunakan dana Jepang. Dengan danai proyek elektrifikasi Bekasi-Cikarang, memungkinkan waktu tempuh Jakarta-Cikarang kurang lebih 1 Jam," jelas dia.

"Kita harap bantuan seperti ini dapat berikan manfaat yang signifikan kepada masyarakat," kata Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Budi Karya Sumadi meresmikan pengoperasian Stasiun Bekasi Timur dan pengoperasian KRL Lintas Bekasi-Cikarang. Dalam sambutannya, Budi mengatakan bahwa pengoperasian Stasiun Bekasi Timur dan pengoperasian KRL Lintas Bekasi-Cikarang akan memudahkan warga Cikarang yang ingin menuju ke Jakarta.

Pembangunan prasarana perkeretaapian lintas Bekasi-Cikarang adalah hasil kerja sama Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Jepang melalui kontrak Paket B1 untuk pekerjaan Elektrifikasi lintas Bekasi – Cikarang yang ditandatangani pada tahun 2012, dengan nilai kontrak sebesar Rp 2,3 triliun. 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X