"Bercerai" dengan Spanyol, Banyak Perusahaan Hengkang dari Catalonia

Kompas.com - 09/10/2017, 12:52 WIB
Demonstran mengibarkan bendera Spanyol dan mendukung polisi dalam aksi demo mendukung Spanyol bersaatu di hari referendum kemerdekaan yang dilarang di Catalonia, Madrid, Spanyol, Minggu (1/10). ANTARA FOTO/REUTERS/Rafael Marchante/djo/17 ANTARA FOTO/REUTERS/Rafael MarchanteDemonstran mengibarkan bendera Spanyol dan mendukung polisi dalam aksi demo mendukung Spanyol bersaatu di hari referendum kemerdekaan yang dilarang di Catalonia, Madrid, Spanyol, Minggu (1/10). ANTARA FOTO/REUTERS/Rafael Marchante/djo/17
|
EditorAprillia Ika

MADRID, KOMPAS.com - Sejumlah perusahaan mulai memindahkan basis legal mereka dari ibukota Catalonia, Barcelona. Hengkangnya perusahaan-perusahaan tersebut menyusul semakin dekatnya "perceraian" Catalonia dengan Spanyol.

Mengutip CNN Money, Senin (9/10/2017), CaixaBank, pemasok energi Gas Natural Fenosa, dan Dogi International Fabrics pada akhir pekan lalu menyatakan mereka memindahkan basis legal mereka dari Barcelona.

Pemerintah Catalonia pun direncanakan membuat deklarasi kemerdekaan unilateral dari Spanyol pada pekan ini.

Adapun pada pekan lalu, dilakukan referendum di mana 2 juta warga Catalonia memilih berpisah dengan Spanyol. Namun, referendum tersebut menimbulkan sengketa.

(Baca: Dollar Menguat, Tunggu Kepastian Voting Kemerdekaan Catalonia)

"Kami rasa saat ini adalah saat yang tepat bagi institusi untuk mendeklarasikan kemerdekaan. Masyarakat sudah menyuarakan kemerdekaan, sekarang saatnya bagi institusi untuk mengikuti," ujar juru bicara partai 1for the CUP Carles Riera.

CaixaBank, bank terbesar ketiga di Spanyol dari sisi valuasi pasar, menyatalan bakal memindahkan kantor teregistrasinya ke Valencia.

Menurut CaixaBank, prioritas perseroan saat ini adalah melindungi nasabah, pemegang saham, dan pegawai dari situasi politik dan sosial saat ini.

Adapun pihak Gas Natural Fenosa menyatakan, ketidakpastian hukum terkait kondisi politik saat ini telah memicu perseroan memutuskan untuk hengkang dari Catalonia.

Tujuannya adalah untuk melindungi kepentingan perusahaan, konsumen, pegawai, kreditur, dan pemegang saham.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.