Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Segera Adaptasi Pergeseran Perdagangan Offline ke Online

Kompas.com - 11/10/2017, 13:45 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meminta masyarakat mengantisipasi adanya pergeseran tren perdagangan dari offline menjadi online.

Masyarakat dan pemerintah, lanjut dia, harus dapat segera beradaptasi dengan perubahan tren tersebut.

"Antisipasi dan segera lakukan adaptasi pergeseran perdagangan offline ke online yang sedang terjadi. Perubahan digital tidak bisa dilawan, justru harus dirangkul untuk tingkatkan perdagangan kita," kata Jokowi, saat membuka Trade Expo Indonesia 2017, di ICE BSD, Tangerang Selatan, Rabu (11/10/2017).

Jokowi mencontohkan, nantinya dapat dibuat semacam "virtual showroom". Konsep ini, lanjut dia, dapat mengurangi biaya karena calon konsumen tidak perlu lagi datang ke showroom atau pameran untuk melihat produknya.

(Baca: Buka Trade Expo Indonesia 2017, Jokowi Pamer Kenaikan Angka Ekspor)

"Virtual showroom nanti bisa diakses pembeli luar negeri. Jadi interaksi bisa langsung dilakukan tanpa harus menunggu expo atau pameran tiap tahun," kata Jokowi.

Pada kesempatan itu, Jokowi menyarankan Kementerian Perdagangan untuk membuat Trade Expo Indonesia semakin menarik. Hal itu dilakukan ahar semakin banyak pembeli mancanegara yang datang.

"Saya sangat bangga setelah 32 tahun, Trade Expo Indonesia sekarang digeser (digelar) ke ICE BSD Banten. Pameran ini harus berkelas dunia, tidak boleh kecil-kecilan dan fasilitas ala kadarnya," kata Jokowi.

Kompas TV Pameran internasional mebel di Indonesia ini dibuka oleh Presiden Joko Widodo, didampingi oleh Menteri Perindustrian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com