Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayar Tiket Travel Jakarta-Bandung Bisa Pakai Uang Elektronik

Kompas.com - 11/10/2017, 14:15 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini penggunaan uang elektronik sedang digenjot oleh pemerintah dan perbankan. Uang elektronik tersebut nantinya bisa digunakan untuk sebagai alat pembayaran tiket transportasi, tol, dan lain-lain. 

Namun, kini uang elektronik bisa digunakan untuk pembayaran tiket transportasi travel Jakarta-Bandung. 

Hal tersebut diinisiasi oleh perusahaan penyedia jasa transportasi darat DayTrans yang bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk meluncurkan kartu BRIZZI co-branding edisi khusus DayTrans.

Direktur Utama DayTrans, Angreta Chandra mengatakan, kartu tersebut dapat memudahkan masyarakat khususnya pengguna travel Jakarta-Bandung. Sebab, kartu tersebut bisa digunakan untuk alat pembayaran tiket. 

(Baca: Dianggap Bikin Resah, Aturan Uang Elektronik Digugat )

"Ini sangat memungkinkan untuk sebagai alat pembayaran tiket. Di setiap outlet, kami telah sediakan mesin EDC," ujar Angreta saat peluncuran kartu BRIZZI DayTrans di Waterboom Jakarta, Rabu (11/10/2017).

Angreta menuturkan, penumpang akan mendapatkan keuntungan jika membayar tiket angkutan travel dengan uang elektronik. Salah satunya penumpang, akan mendapat gratis satu tiket setelah membeli tiket dengan uang elektronik. 

"Ini merupakan yang pertama kali travel yang membeli tiket dengan uang elektronik," tutur dia. 

Sementara itu, Executive Vice President BRI, Wahyu Widodo menambahkan, kerja sama dengan DayTrans dalam rangka untuk mendukung program pemerintah dengan menggalakan transaksi non tunai. 

"Kita kan sekarang mendorong cashlesh society. Tidak hanya ini, peluang kerja sama dengan DayTrans juga cukup banyak. Apalagi, pengguna DayTrans cukup banyak," kata dia. 

Dalam hal ini, BRI menyediakan 36.000 kartu BRIZZI edisi Khusus DayTrans. Kartu tersebut akan disebarkan secara bertahap, untuk tahun ini sebanyak 12.000 kartu akan disebar.

Kompas TV Untuk memperlancar transaksi non-tunai di jalan tol, Bank Indonesia dan perbankan akan menggratiskan kartu uang elektronik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com