Penggalangan Dana Pesawat Habibie R80 di Kitabisa.com Hampir Rp 2 Miliar

Kompas.com - 11/10/2017, 16:01 WIB
Foto penggalanan dana untuk purwarupa pesawat rancangan Habibie, R80. Kitabisa.com/Regio Aviasi IndustriFoto penggalanan dana untuk purwarupa pesawat rancangan Habibie, R80.
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Regio Aviasi Industri (RAI) telah membuka penggalangan dana untuk pengembangan pesawat buatannya R80. Penggalangan dana (crowdfunding)tersebut dilakukan secara online melalui situs crowdfunding Kitabisa.com. 

Lantas hingga kini sudah berapa dana yang sudah terkumpul di situs Kitabisa.com?

Dipantau dari situs Kitabisa.com, penggalangan dana yang dibuat PT RAI bisa dicari dengan judul Dukungan Indonesia untuk R80. Adapun, total dana yang terkumpul mencapai hampir Rp 2 miliar atau lebih tepatnya senilai 1,99 Miliar. 

Sebanyak 5.027 donatur ikut menyumbangkan uangnya dalam penggalangaan dana tersebut. Penggalangan dana tersebut tetap berlangsung hingga saat ini sampai 50 hari ke depan. 

(Baca: Ribuan Engineer Terlibat Dalam Proyek Pesawat R80 Rancangan BJ Habibie)

Dana yang disumbangkan donatur bermacam-macam mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 1 juta. Tidak lupa, para donatur juga memberikan komentar semangat dan harapan untuk pengembangan pesawat R80. 

"Saya pengagum Pak Habibie dari kecil. Semoga dengan adanya pesawat ini, rakyat Indonesia semakin cinta kepada beliau," kata salah satu donatur Tengku Iqeza seperti ditulis di situs Kitabisa.com. 

Sebelumnya, Presiden Ketiga Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie mengajak masyarakat untuk ikut andil dalam proyek pengembangan purwarupa (prototype) pesawat rancangannya yakni R80 melalui skema penggalangan dana.

Menurut Habibie, saat ini sudah saatnya industri dirgantara nasional bangkit kembali dengan belajar dari masa lalu.

"Jika pesawat R80 tidak terwujud, pembuatan pesawat terbang di bumi Indonesia berakhir. Tidak ada sumber daya manusia terbarukan, tidak ada motivasi," ujar Habibie. 

Dalam kampanye penggalangan dana proyek pesawat R80, PT RAI dan Kitabisa.com mengajak para publik figur dan buzzer, antara lain Andien Aisyah, Nadine Chandrawinata, Melanie Subono, dan Andovi Lopez.

Kompas TV Menandai 72 tahun Indonesia merdeka, sebuah sejarah kebangkitan industri dirgantara nusantara dicatat dengan diluncurkannya pesawat N-219.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X